Cara Pintar Atasi Si Kecil yang Mengamuk

Merries Insight
21 Juli 2016
Umum
Share
Cara Pintar Atasi Si Kecil yang Mengamuk

Dalam masa tumbuh kembangnya, Moms dan Dads pasti menjumpai momen-momen si Kecil mengamuk karena keinginannya tidak terpenuhi. Sebagian orang tua mengalah dengan mengabulkan permintaan si Kecil, tetapi ada juga yang membalasnya dengan bentakan. Padahal metode-metode cerdas di bawah ini bisa Moms dan Dads praktikan untuk menghadapi amukan si Kecil.

Peka dengan Perasaan si Kecil

Langkah pertama yang harus Moms dan Dads lakukan adalah peka terhadap perasaan si Kecil. Dengan mengetahui hal-hal yang dia suka atau benci, jam tidur, hingga kebiasaan, Moms dan Dads bisa dengan mudah mengendalikan amarahnya. Pastikan Moms dan Dads juga melakukannya tanpa paksaan, lantas berikan mereka bantuan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Menjalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang terjalin kurang baik antara orang tua dengan anak kerap memicu banyak masalah. Si Kecil dalam hal ini akan kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya, jadi dia sering marah karena sulit menyalurkan emosinya dengan baik. Maka dari itu, perbaiki cara komunikasi Moms dan Dads dengan si Kecil. Misalnya tidak menjaga jarak dan menganggap si Kecil sebagai teman.

Berikan Pelukan dan Belaian

Tidak sedikit anak seusia si Kecil yang marah-marah hanya untuk mencuri perhatian, terutama kalau orangtuanya terlalu sibuk bekerja. Moms dan Dads berada di situasi serupa? Jika memang seperti itu, mulailah berikan perhatian-perhatian kecil seperti pelukan hangat dan belaian sayang. Kedekatan fisik sekecil apapun akan membuat si Kecil merasa tenang serta diperhatikan oleh Moms dan Dads.

Larangan yang Masuk Akal

Ada kalanya si Kecil mulai berani mendebat Moms dan Dads, apalagi kalau permintaannya ditolak atau mendapatkan larangan. Jika mereka menanyakan alasan larangan tersebut, berikan penjelasan masuk akal supaya mereka mengerti kalau aktivitas atau perbuatan tadi berbahaya untuk dirinya. Namun Moms dan Dads harus membeberkannya secara lembut tanpa meninggalkan kesan tegas pada si Kecil.

Perlihatkan Teladan yang Baik

Sebagai role model utama si Kecil, Moms dan Dads harus menjadi teladan yang baik baginya. Sebab, orangtua yang sulit mengendalikan amarah pasti tidak sanggup pula untuk mengontrol emosi sang anak. Jadi, kalau Moms dan Dads ingin si Kecil tidak mudah marah dalam menghadapi sesuatu, kendalikan emosi dan berikan solusi terbaik tanpa amarah dalam menyelesaikan sesuatu.

Tenang Menghadapi Masalah

Amarah si Kecil meledak di tempat umum? Moms dan Dads harus sanggup bersikap tenang dan tidak cepat gugup akibat kebingungan untuk menghadapi masalah tersebut. Jika si Kecil melakukan hal ini, segera bawa dia ke tempat yang lebih sepi supaya tidak menarik banyak perhatian. Kemudian, Moms dan Dads bisa memintanya untuk meredakan emosi.