Cara Mudah Mengenali Si Kecil yang Siap Berlajar Bicara

Merries Insight
08 November 2015
Umum
Share
Cara Mudah Mengenali Si Kecil yang Siap Berlajar Bicara

Moms, pada dasarnya anak yang baru berusia 12 bulan, mereka sudah bisa mengucapkan satu atau dua patah kata, seperti mama dan papa. Walaupun demikian, ternyata ada juga lho anak-anak yang justru belum bisa mengucapkan kata apapun, meskipun mereka sudah berusia 18 bulan ke atas. Jangan khawatir Moms, ini wajar kok.

Menunjuk

Apakah si kecil sering menunjuk ketika menginginkan sesuatu, atau melihat hal yang menurutnya menarik? Kalau iya, berarti ini merupakan tanda si kecil sudah siap untuk belajar berbicara. Menunjuk merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dibangun si kecil sebagai pengganti bicara. Mereka ingin mengucapkan kata, tapi kemampuannya belum mencukupi untuk itu.

Memahami Yang Dikatakan

Ketika di ajak berbicara, mereka seolah memahami apa yang Moms ucapkan dengan memberikan respons berupa senyuman, atau mulut mereka yang terlihat seolah ingin mengucapkan kata-kata. Pada dasarnya, kemampuan memahami kata-kata, lebih dulu dimiliki si kecil ketimbang kemampuan berbicara. Selain itu, memahami pembicaraan orang lain, merupakan tanda si kecil siap untuk belajar bicara.

Komunikasi dengan Bahasa Isyarat

Tidak hanya menunjuk, ada beberapa bahasa tubuh lainnya yang ditunjukkan si kecil jika merekaingin menyampaikan sesuatu. Contohnya saja, menggelengkan kepala ketika mereka tidak mau atau tidak setuju, senyum ketika mereka setuju dam lainnya. Bahasa nonverbal yang dikembangkannya sendiri merupakan tanda kesiapan si kecil untuk belajar berbicara.

Menggerutu

Apakah Moms pernah mendengar si kecil yang menggerutu ketika sedang bermain? Berdasarkan sebuah penelitian di Kolombia, menyatakan jika anak batita yang menggerutu ketika menunjuk gambar atau bermain, sebenarnya tengah memberikan komentar atas apa yang dilihatnya. Selain itu, anak yang belum berbicara dan tidak menggerutu, akan cenderung mengalami terlambat berbicara.

Selain itu, penelitian tersebut pun menyatakan jika menggerutu merupakan kode khusus untuk menunjukkan jika si kecil siap belajar berbicara. Tapi sebaliknya, kalau si kecil sudah lebih dari 24 bulan, tapi masih belum bisa mengucapkan apatah kata apapun, sebaiknya Moms langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi si kecil.

Dengan penanganan yang cepat, diharapkan kemampuan bicara di kecil bisa distimulasi, dan berbagai risiko gangguan bicara, bisa diterapi sejak dini. Selamat mencoba Moms!