Cara Mudah Membuat Anak Mudah Mengingat Wajah dan Nama

Merries Insight
17 November 2015
Umum
Share
Cara Mudah Membuat Anak Mudah Mengingat Wajah dan Nama

Moms, jangankan anak-anak, orang dewasa saja masih kerap salah dam mengingat wajah dan nama orang lain. tapi walaupun begitu, masih banyak kok caranya agar si kecil bisa lebih mudah mengingat wajah, sekaligus nama orang-orang yang di sekitarnya, yakni dengan cara bermain.

Ya, melibatkan mereka secara langsung dalam sebuah permainan, tidak hanya mengasah keterampilan si kecil dalam bersosialisasi dan kemampuan fisiknya saja, tapi juga mampu meningkatkan kemampuan kognitifnya, terlebih untuk mereka yang sedang belajar mengingat wajah dan nama orang lain.

Sebagai buktinya, Moms coba saja lihat bagaimana reaksi si kecil ketika mengenal nama dan wajah teman barunya. Si kecil akan semakin bergerak aktif, dan akan terus memanggil nama teman baru yang mereka kenal sambil melambaikan tangan, bertepuk tangan dan berbagai ekspresi senang lainnya.

Ketika si kecil dalam sebuah lingkungan permainan dan sedang bersama teman-teman sebayanya, Moms akan lebih mudah untuk melatihnya, tapi bagaimana kalau si kecil sedang berada di rumah, bagaimana cara melatih kemampuannya untuk mengingat nama dan wajah seseorang?

Salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah dengan menggunakan permainan yang sama, hanya saja media yang digunakan kini adalah, boneka yang sebelumnya sudah diberi nama. Contohnya saja, boneka kayu bernama Pinokio, boneka beruang bernama Bear, boneka anjing bernama Guk Guk dan lainnya.

Ajak si kecil konsisten untuk menyebutkan nama boneka-boneka tersebut. Selain itu, Moms pun harus terus mendukung pelatihan ini dengan cara memperlakukan boneka-boneka tersebut sebagai teman si kecil dengan selalu melibatkan boneka dalam kegiatan sehari-hari.

Misalnya, Dik, tolong ajak makan Pinokio, kayaknya dia juga lapar tuh!. Dengan cara seperti ini, si kecil sejak dini telah diajarkan bagaimana cara mengenali seseorang, dari mulai mengingat nama dan wajahnya, berikut ciri khas yang dimilikinya.

Ketika dewasa nanti, si kecil di jamin akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan permainannya, dan akan lebih mudah untuk mengenali seseorang, hanya dari satu ciri khas yang dimiliki oleh orang tersebut. Bagaimana Moms, mudah bukan?