Cara Merawat Teething Ring Agar Tetap Higienis

Merries Insight
21 Maret 2016
Kesehatan
Share
Cara Merawat Teething Ring Agar Tetap Higienis

Teething ring atau gigitan si kecil adalah alat yang berfungsi merangsang pertumbuhan gigi Si kecil. Cara penggunaan teething ring yaitu digigit-gigit. Saat memasuki tahap tumbuh gigi Si kecil memang terlihat menjadi gemar menggigit. Cukup wajar karena dengan menggigit Si kecil akan lupa dengan rasa tidak nyaman pada gigi dan gusi. Untuk alasan ini pula teething ring dibuat.

Mengingat cara penggunaannya, maka teething ring mesti dirawat agar tetap higienis. Salah-salah ada kuman atau bakteri bersarang yang malah masuk ke dalam mulut Si kecil. Tentu Moms tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, yuk cari tahu cara merawat teething ring agar tetap higienis!

Teething Ring untuk Si Kecil

Memasuki umur 4-6 bulan, pada umumnya Si kecil akan memperoleh gigi susu pertamanya. Pada masa itulah akan terasa rasa tidak nyaman atau nyeri pada gusi Si kecil. Proses tumbuh gigi itu bisa disertai beberapa gejala. Mulai dari demam, ngeces berlebihan, susah tidur, dan dalam beberapa kondisi si Kecil menjadi gemar menggigit apa saja yang ada di sampingnya. Pada kondisi inilah teething ring dibutuhkan.

Ada berbagai macam teething ring di pasaran. Pada umumnya teething ring dibuat dari bahan lateks yang lembut dan aman bagi Si kecil. Bagian dalamnya diisi air atau gel. Moms, teething ring berisi gel lebih dianjurkan dibanding isi air karena lebih dingin. Sehingga saat digigit lebih ampuh mengurangi gatal atau nyeri pada gusi.

Bentuk teething ring yang melengkung, mudah digenggam, dan berwarna menarik bisa pula dijadikan mainan Si kecil. Karena itulah teething ring juga berfungsi merangsang keterampilan motorik halus. Saat digunakan untuk bermain inilah, teething ring cukup rentan terkontaminasi kotoran. Lantas apa yang mesti dilakukan supaya teething ring tetap higienis?

Perawatan Teething Ring

Supaya teething ring tetap higienis, pastikan Moms rutin mencucinya setelah digunakan. Dalam hal ini ikuti aturan mencuci yang benar yang biasanya tertera pada kemasan. Hal ini penting karena beberapa jenis teething ring tidak boleh direbus dan cukup dibersihkan dengan air mengalir atau air panas. Namun, beberapa jenis teething ring perlu dibersihkan dengan cairan pembersih khusus.

Teething ring berisi gel atau air bisa disimpan di dalam kulkas, tetapi bukan di freezer. Sebelum menyimpan di dalam kulkas, lebih dulu taruh dalam wadah khusus seperlu menghindari kontaminasi bahan makanan yang tersimpan di dalam kulkas. Cara penyimpanan ini pun akan membuat teething ring dingin dan lebih lembut saat digigit. Rasa dingin ampuh mengurangi gatal atau nyeri pada gusi.