Cara Menghindari Kelelahan Saat Hamil

Cara Menghindari Kelelahan Saat Hamil

Kelelahan adalah masalah paling umum yang sering terjadi selama masa kehamilan. Para Moms yang masih bekerja aktif pastinya lebih sering mempunyai keluhan kelelahan dibandingkan dengan Moms yang tak bekerja. Hal ini adalah masalah wajar karena Moms membawa bobot janin yang semakin berat setiap level trimester. Untuk menghindari masalah kelelahan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Tidur Lebih Awal dan Lama

Cara terbaik dan termudah untuk menghindari kelelahan adalah dengan tidur lebih awal dan lebih lama. Ada baiknya juga bangun tidur sesuai waktu yang ditentukan agar stamina Moms terisi penuh untuk memulai aktivitas seharian. Tidur lebih lama satu jam pun di malam hari akan berdampak signifikan pada kebugaran Moms di siang hari. Sepertinya Moms harus melupakan bersantai dan bergadang di malam hari untuk melakukan hal-hal yang tak perlu. Moms tidak diperkenankan untuk tidur lebih dari jam 8 malam karena akan mengganggu kebugaran Moms selama masa kehamilan.

Makan Makanan Bergizi dan Sehat

Selama kehamilan, Moms harus benar-benar memperhatikan asupan makanan dan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Perlu diingat bahwa Moms memerlukan kalori tambahan sebesar 300 kkal setiap harinya. Kelelahan bisa diakibatkan oleh faktor makanan. Untuk tetap menjaga stamina dan energi, Moms tentu saja membutuhkan pasokan makanan. Moms harus memenuhi target kalori tambahan harian itu dengan memilih makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks, zat besi, protein, dan vitamin. Hindari makanan dengan kafein dan gula. Biasakan Moms makan makanan sehat, bergizi, dan bernutrisi setiap harinya. Tetapi, janganlah makan berlebihan. Yang terpenting adalah makan makanan dengan gizi seimbang bagi tubuh. Moms juga bisa lebih sering makan dengan porsi kecil setiap makan.

Memperbanyak Minum Air Putih

Baca Juga

Trik Mengusir Kelelahan Selama Masa Kehamilan

Menenangkan Bayi yang Kelelahan

3 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Selama proses kehamilan, banyak Moms yang merasa malas untuk minum terutama air putih karena rasanya yang hambar. Hal ini terkadang menyebabkan sembelit di saat masa kehamilan trimester akhir. Padahal air putih bisa mencegah kelelahan yang terjadi di masa kehamilan. Moms bisa memperbanyak minum air putih dan mengurangi makanan asin agar badan lebih bugar dan sehat di setiap harinya.

Berolahraga Ringan

Terkadang Moms sering lupa untuk melakukan olahraga di masa kehamilan karena takut terjadi sesuatu pada janin Moms. Olahraga ringan di pagi atau sore hari akan membuat kondisi kesehatan dan badan lebih kuat. Moms juga pastinya akan merasa lebih segar, bugar, dan tidak lemas lagi. Olahraga ringan biasanya melakukan senam hamil, yoga, dan jalan-jalan sekitar kompleks rumah.