Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Merries Insight
11 Juni 2016
Kesehatan
Share
Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil

Bagi Moms yang sudah pernah hamil pastinya sudah hafal yang namanya kram perut. Kram perut ini bisa terjadi beberapa kali selama kehamilan sehingga Moms harus sedikit waspada. Memang kram perut ini tidak berbahaya bagi janin ataupun Moms. Tetapi, seringkali kram perut di masa kehamilan mengganggu aktivitas Moms. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kram perut saat hamil.

Meningkatkan Mobilitas Tubuh

Sebenarnya ada beberapa jenis kram perut yang sering dirasakan oleh Moms hamil. Kram perut normal jauh lebih mudah untuk diatasi dengan cara meningkatkan mobilitas tubuh Moms. Selain itu, Moms bisa melakukan beberapa latihan dengan intensitas ringan dan rendah selama beberapa menit saja agar kram perut bisa hilang dengan sendirinya. Moms bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan tentang jenis latihan untuk menghilangkan kram perut normal di masa kehamilan.

Mengkompres dengan Air Hangat pada Bagian Perut Yang Sakit

Untuk meredakan dan mengurangi kram perut saat kehamilan, Moms bisa melakukan cara sederhana yaitu mengkompres air hangat pada bagian perut yang sakit. Cara ini bisa sedikit mengurangi rasa sakit akibat kram dan nyeri perut. Perhatikanlah air yang dipergunakan jangan terlalu panas agar tidak membuat Moms kepanasan.

Merilekskan Diri

Kram perut yang diakibatkan kontraksi true labor memang berbeda dengan kram perut normal. Moms perlu ekstra keras untuk mengatasinya karena rasa sakit tak akan berhenti walaupun Moms sudah bergerak dan mengubah arah tubuh dengan berbagai posisi. Moms bisa melakukan langkah sederhana dengan merilekskan diri dan beristirahat sambil mempersiapkan diri untuk bersalin. Moms juga dianjurkan untuk menarik nafas dalam-dalam agar lebih santai dan rileks. Kram perut ini memang membutuhkan istirahat lebih seperti juga jenis-jenis kram perut lainnya.

Jagalah Asupan Gizi Yang Seimbang

Terkadang ada beberapa kram perut selama masa kehamilan dikarenakan asupan gizi yang kurang seimbang. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengatasinya dengan banyak istirahat dan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seimbang. Moms bisa memilih makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Memperhatikan konsumsi air putih juga bisa membantu menghindari kram perut. Makanan bergizi juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan yang buruk akibat kurangnya asupan makanan sehat dan bergizi yang mencakup kandungan vitamin dan mineral. Jika Moms kurang tahu jenis makanan lainnya yang baik untuk mencegah kram perut, Moms bisa menanyakan pada dokter kandungan.