Cara Mengasah Kemampuan Menulis Si Kecil

Merries Insight
14 Juli 2016
Kesehatan
Share
Cara Mengasah Kemampuan Menulis Si Kecil

Menulis adalah salah satu keterampilan dasar yang perlu dikuasai, termasuk si Kecil. Moms dan Dads tak perlu menunggu si Kecil sampai masuk sekolah untuk mengajarkan keterampilan ini, sebab menulis sudah bisa diperkenalkan sejak masih di rumah. Apalagi sekarang sudah tersedia banyak buku menulis untuk balita yang bisa Moms dan Dads beli. Namun, dibutuhkan metode-metode khusus untuk mengasah kemampuan si Kecil dalam dunia tulis-menulis.

Moms dan Dads tidak perlu khawatir, sebab empat cara berikut ini dapat membantu para orangtua yang ingin mengembangkan keterampilan menulis si Kecil.

Menciptakan Budaya Menulis

Seperti halnya membaca, budaya menulis pun harus dibangun terlebih dahulu. Caranya dengan biarkan si Kecil menuangkan ekspresinya sebebas mungkin. Dari sana, Moms dan Dads dapat mengetahui minat dan hal-hal yang ingin dia kembangkan. Kemudian, Moms dan Dads bisa membimbingnya untuk menulis sesuai kemauan si Kecil. Jangan lupa untuk mengarahkannya dalam memegang alat tulis yang baik dan menggunakannya dengan benar sampai dia terampil menulis.

Membuat Contoh untuk si Kecil

Orangtua adalah contoh pertama bagi si Kecil. Sebagai role model, Moms dan Dads harus membangun citra yang baik di sekitar si Kecil. Misalnya dengan mengajarkannya menulis huruf dengan baik dan benar sebelum kemudian membimbingnya untuk meniru apa yang Moms dan Dads lakukan. Di sini, Moms dan Dads harus benar-benar sabar karena kemampuan si Kecil masih terbatas. Sebab, seiring berjalannya waktu, keterampilan si Kecil akan membaik kalau mendapatkan bimbingan yang bagus.

Tidak Cepat Menghakimi Karya

Beberapa orangtua yang kurang sabar kadang tanpa sadar menghakimi karya si Kecil yang berantakan. Moms dan Dads, hal tersebut justru akan membuat si Kecil minder dan enggan melanjutkan latihannya. Seperti yang telah disebutkan, kemampuannya yang terbatas membuat hasil menulis si Kecil tidak setara dengan milik Moms dan Dads. Alih-alih menghakimi, berikan si Kecil pujian atas kemauannya, kemudian arahkan dia untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

Menggunakan Warna dan Gambar

Si Kecil kadang bosan dan tidak mau melanjutkan latihan menulis? Moms dan Dads tidak perlu khawatir karena hal tersebut sering dialami anak seusianya. Supaya si Kecil mau meneruskan latihan, Moms dan Dads dapat menyelingi kegiatan menulis dengan mewarnai gambar atau menonton animasi. Dari sana, Moms dan Dads juga bisa mengenalkan si Kecil dengan warna, bentuk, dan objek lainnya. Bahkan Moms dan Dads dapat mengaplikasikannya dengan kegiatan tulis-menulis.

Kendati terlihat tidak mudah, tetapi mengasah keterampilan menulis pada si Kecil memang dibutuhkan agar dia cepat terbiasa di sekolah.

Semoga informasi ini dapat membantu Moms dan Dads mengasah ketrampilan si Kecil di rumah!