Cara Mengajarkan Tata Krama pada Si Kecil

Merries Insight
13 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Cara Mengajarkan Tata Krama pada Si Kecil

Terdapat beberapa cara untuk mengajarkan si kecil tata karma:

Usia 1 sampai 2 tahun

Untuk anak usia 1 hingga dua tahun, Moms bisa mulai mengajarkan tata krama melalui percakapan sehari-hari dengan si kecil. Anak berusia 1 hingga dua tahun sedang senang-senangnya meniru semua ucapan orang-orang terdekatnya. Moms, manfaatkan momen ini. Contohnya, ajarilah anak mengucapkan ‘terima kasih’ setiap kali menerima sesuatu dari orang lain. Meski terlihat sederhana, ajaran Moms ini nantinya akan terus membekas dan menjadi kebiasaan yang baik bagi si anak. Moms juga perlu memperhatikan tempramen buah hati anda. Jika anak anda termasuk anak yang tempramen atau pendiam, mengucapkan terima kasih bisa dilakukan dengan cara lain. Misalnya dengan menuliskan ‘terima kasih’ pada secarik kertas lalu diberikan pada orang yang baik terhadapnya. Ada juga contoh ucapan-ucapan lainnya yang boleh mulai anda ajarkan pada anak anda. Misalnya saja ‘tolong’, ‘permisi’, ‘maaf’, dll.

Nah, moms pastinya sering mendapati anak di usia ini melempar makanan dan menangis, atau melempar kursi akibat keinginannya tidak dipenuhi. Bagaimana cara mengajarkan sopan santun jika kondisinya seperti ini? Gunakan satu aturan. Berkatalah ‘ Jika sedang makan, adek harus duduk’. Atau berkata, ‘Sebaiknya kaki adek tidak naik ke meja ya’.

Anak usia 2 hingga 3 tahun

Pada usia ini, Moms sudah harus mulai sedikit responsif dengan cara mengambil tindakan ketika menjumpai anak anda merebut mainan anak lain. Katakana bahwa merebut kepunyaan anak lain artinya anak anda akan mendapatkan konsekuensinya. Cara lainnya yaitu dengan memberi imbalan. Misalnya, jika anak anda meminta sesuatu dengan baik dan sopan, mereka berhak mendapatkan imbalan yang ia suka. Mengalihkan perhatiannya juga menjadi cara lainnya untuk mengajarkan tata krama pada anak usia ini. Misalnya dengan memberinya kertas dan crayon pada anak ketika anda sedang sibuk menelepon.

Baca Juga

Cara Mengajarkan Konsep Pertemanan Kepada si Kecil

Cara Mengajarkan Si Kecil Agar Terbiasa Bersabar

Tahap-Tahap Mengajarkan Konsep Waktu Pada Anak

Anak usia 3 hingga 5 tahun

Nah, untuk anak usia 3-5 tahun, Moms sudah bisa menggunakan permainan imajiner. Misalnya dengan menggunakan boneka beruangnya, anda ajarkan anak anda bagaimana cara memperkenalkan diri yang sopan, bagaimana cara meminta makanan yang sopan, dll.

Anak usia 5 hingga 7 tahun

Dalam usia ini, anak sudah mampu memahami nasihat. Jadi tugas Moms adalah mencontohkan kesopanan baik dalam bertindak maupun dalam berbicara.

Baca Juga

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Bahasa Asing pada Si Kecil?

Cara Mengajarkan Konsep Pertemanan Kepada si Kecil

3 Cara Mengajarkan Toilet Training Sedini Mungkin