Cara Mengajarkan Konsep Pertemanan Kepada si Kecil

Merries Insight
15 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Cara Mengajarkan Konsep Pertemanan Kepada si Kecil

Dads, ada yang biang jika teman mas kecil merupakan sahabat untuk selamanya. Peribahasa ini sebenarnya tidak bisa disebut berlebihan, mengingat teman yang sudah bersama sejak kecil, kebanyakan akan menjelma menjadi sahabat sejati, dan bahkan hubungannya sama seperti dekatnya kita dengan saudara sendiri.

Tapi sayangnya, tidak mudah memperkenalkan si kecil dengan konsep pertemanan. Mengingat di usianya yang sekarang, kadang kala si kecil begitu egois dan seolah malas untuk berbagi. Bagaimana ini. adakah cara untuk mengajarkan konsep pertemanan kepada si kecil sejak usia dini?

Mulailah dengan perlahan

Bertemu dengan banyak orang dalam satu waktu bisa membuat si kecil kewalahan. Untuk itu, cobalah untuk memperkenalkan si kecil secara perlahan, dengan beberapa orang saja. pertama Moms and Dads bisa mengajaknya bertemu dengan anak kerabat, anak tetangga, kemudian baru ke lingkungan yang lebih ramai lagi, seperti taman bermain dan lainnya.

Perhatikan lingkungan sekitar

Sebelum memutuskan untuk memperkenalkan si kecil dengan teman barunya, Moms and Dads sebaiknya amati dulu Anka mana yang layak dijadikan teman si kecil. Beberapa anak bisa memberikan pengaruh buruk kepada teman-temannya, seperti sifat agresif, manja, cengeng, suka berkata kasar dan lainnya. Tentu Moms and Dads nggak mau kan sikecil tertular virus negatif dari temannya?

Baca Juga

Yuk Kenalkan Konsep HAM Pada Si Kecil Sejak Dini!

Tahap-Tahap Mengajarkan Konsep Waktu Pada Anak

Mengajarkan Piano Kepada Balita

Ikut terlibat

Jangan ragu untuk ikut terlibat dalam permainan si kecil. Hal ini bertujuan agar si kecil lebih percaya diri berhadapan dengan teman-temannya, sekaligus untuk mengawasi takut-takut ada tindakan yang kurang pantas yang dilakukan temannya kepada si kecil. Ingat, di sini anda berperan sebagai filter, bukan hakim atau pemegang keputusan.

Berlaku adil

Jangan karena dia anak anda, kemudian teman-temannya harus bertindak sebagai pelayan. Berlakulah yang adil. Kalau memang si kecil melakukan kesalahan, tegur dia agar tidak melakukan kesalahan tersebut. Hal ini berlaku juga jika temannya melakukan kesalahan. Tapi ingat ya, beri peringatan si kecil dengan penuh kelembutan dan kasih sayang.

Demikian trik membantu si kecil untuk menjalin pertemanan yang bisa Moms and Dads terapkan. Selamat mencoba dan selamat berteman ya!

Baca Juga

Trik Mudah Ajarkan Si Kecil Konsep Panjang dan Pendek

Yuk Kenalkan Konsep HAM Pada Si Kecil Sejak Dini!

Tahap-Tahap Mengajarkan Konsep Waktu Pada Anak