Cara Melatih Daya Ingat Anak Anda

Merries Insight
12 September 2014
Umum
Share
Cara Melatih Daya Ingat Anak Anda

Tahukah Moms, daya ingat anak – anak perlu dilatih agar ia memiliki daya ingat yang tajam. Daya ingat itu sendiri merupakan kemampuan otak untuk merekam berbagai pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari kehidupan sehari – hari. Anak lebih mampu mengingat suara – suara yang ia dengar sejak ia masih dalam kandungan daripada setelah ia lahir. Karena itu bayi sangat hafal dengan suara ibunya. Untuk melatih daya ingat si kecil, ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan yaitu sebagai berikut:

Kontak Mata

Tataplah mata anak ketika Moms memberinya instruksi, menasehati, atau mengatakan sesuatu. Adanya kontak mata akan membuat anak mengingat perkataan Moms.

Permainan

Usia anak – anak identik dengan kegiatan bermain. Anak sangat senang bermain dan bermain juga bermanfaat untuk merangsang daya ingat. Bermain yang merangsang daya ingat adalah kegiatan yang dilakukan dengan santai dan tenang misalnya melakukan permainan yang melibatkan indera tubuhnya seperti melihat gambar, menyentuh, mencium, dan atau mendengarkan suara.

Pengucapan Nama

Ucapkan nama – nama orang atau nama benda dengan jelas seperti gelas, meja, cangkir, atau benda lauinnya. Ini bertujuan supaya anak dapat mengingat benda sekaligus namanya serta nama – nama orang di sekelilingnya

Melihat Album Foto

Ajaklah si kecil melihat – lihat buku bergambar maupun albu foto keluarga sesering mungkin. Saat melihat gambar, Moms dapat sambil menunjuk dan mengucapkan nama gambar yang ada di dalam buku atau nama – nama orang yang terdapat di dalam album foto.

Komunikasi Baik

Biasakan mengajak anak membangun komunikasi yang baik. Moms dapat memulainya dengan topik yang sederhana seperti mengajukan pertanyaan tentang berbagai aktivitas yang ia lakukan hari ini sesimple apapun. Anak akan terpancing untuk mengingat kembali hal – hal yang telah dilakukan seperti dengan siapa ia bermain, di mana ia meletakkan mainannya, atau permainan apa yang dilakukannya.

Itu tadi Moms beberapa cara melatih daya ingat anak. Tentu ada banyak sekali aktivitas menarik yang dapat merangsang daya ingatnya. Selain dengan cara di atas, Moms juga dapat melatih daya ingat si kecil dengan lagu.