Cara Cerdas Memperkaya Lingkungan Sekitar Si Kecil yang Akan Sekolah

Merries Insight
13 April 2016
Umum
Share
Cara Cerdas Memperkaya Lingkungan Sekitar Si Kecil yang Akan Sekolah

Si Kecil akan masuk sekolah, lalu apa yang Moms harus lakukan? Mempersiapkan buku, seragam dan keperluan sekolah? Hal tersebut memang penting. Tetapi, hal yang lebih penting lainnya adalah mempersiapkan Si Kecil untuk menghadapi lingkungan baru. Caranya adalah dengan memperkaya lingkungan sekitar Si Kecil.

Saat Si Kecil masuk sekolah artinya Si Kecil akan meninggalkan rumah dan keluarga yang menjadi tempat menghabiskan sebagian besar waktu Si Kecil sebelumnya. Meskipun hanya beberapa jam saja, Si Kecil berada di sekolah, tetapi, tetap saja, sekolah adalah lingkungan baru untuk Si Kecil.

Untuk melakukan hal ini, Moms dapat melakukan beberapa langkah berikut ini.

Bepergian Tanpa Moms dan Dads

Akan sangat baik, bila Si Kecil dibiasakan untuk pergi tidak dengan Moms dan Dads saja. Misalnya, nenek atau bibi Si Kecil mengajak Si Kecil pergi ke toko untuk membeli sesuatu atau bermain di rumah saudara. Dengan cara ini, maka Si Kecil dapat terbiasa dengan lingkungan baru. Ditambah lagi, rasa percaya diri Si Kecil juga akan terbentuk.

Kenalkan dengan Orang Lain Selain Moms dan Dads

Moms juga dapat mengijinkan Si Kecil untuk bermain bersama di rumah teman Moms yang juga memiliki anak balita. Dengan cara ini, maka Si Kecil dapat terbiasa untuk mengenal orang dewasa lain, yaitu teman Moms tersebut. Hal ini sangat berguna saat Si Kecil mulai masuk pra sekolah dimana Si Kecil akan berhadapan dengan pengajar, yang juga orang dewasa selain Moms dan Dads.

Teman

Tidak ada salahnya, bila Moms mencoba mengenalkan Si Kecil dengan anak lain yang nantinya akan masuk ke pra sekolah yang sama. Dengan cara ini, maka Si Kecil tidak hanya dapat belajar untuk berteman. Tetapi, saat Si Kecil masuk sekolah nanti, Si Kecil tidak akan kesepian dan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Ceritakan Tentang Sekolah Si Kecil

Moms juga dapat mengajak bicara dan bercerita banyak tentang sekolah yang akan dimasuki oleh Si Kecil. Cara ini akan membuat Si Kecil lebih tenang, karena sudah mengetahui apa yang akan dihadapi. Ketakutan dan kepanikan biasanya timbul saat Si Kecil tidak tahu apa yang akan mereka hadapi.

Mengunjungi Sekolah

Langkah terakhir adalah mengunjungi sekolah Si Kecil secara langsung. Si Kecil akan lebih nyaman karena akan masuk di lingkungan yang sudah dikenal.