Cara Asyik Mendampingi Si Kecil Belajar Berhitung

Merries Insight
15 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Cara Asyik Mendampingi Si Kecil Belajar Berhitung

Salah satu mata pelajaran yang paling dibenci oleh anak-anak adalah, pelajaran berhitung atau pelajaran matematika. Untuk itu, sudah tugas anda agar menjadikan pelajaran ini sebagai kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya dengan cara mengajar si kecil dengan permainan-permainan yang menarik.

Berikut cara belajar berhitung bersama si kecil agar dia antusias dan tidak tegang.

Berhitung dengan Variasi Warna

Anak-anak sangat suka dengan variasi warna yang banyak. Untuk itu, cobalah untuk menerapkan pelajaran berhitung ini dengan menggunakan variasi bentuk dan warna tentu akan menarik bagi si kecil. Misalnya saja dengan menghitung mainan berwarna merah, gabungan warna merah dan biru, dan lainnya.

Berhitung dengan Permainan Tradisional

Banyak permainan tradisional yang bisa anda gunakan sebagai penunjang pelajaran berhitung si kecil, salah satunya adalah dakon, bekel dan lainnya. Cara permainannya cukup mudah, anda bisa meminta si kecil untuk menghitung sejumlah biji sambil dia tetap memainkan bola bekelnya.

Baca Juga

Cara-cara Asyik untuk Membuat Bed Time Story Menjadi Lebih Seru

Ragam Ide Asyik untuk Melewatkan Weekend Bersama Si Kecil

Supaya Saat Belajar Membaca Makin Asyik!

Bergerak Sambil Berhitung

Permainan gerak dan hitung pasti disukai si kecil. Selain dia akan aktif bergerak, dengan permainan ini pun si kecil akan dilatih untuk lebih lebih jeli dalam berhitung, dan mengetahui luas sebuah ukuran. Salah satu permainan yang bisa anda gunakan adalah, Pecle, gombak sodor, kasti dan lainnya.

Berhitung dengan Kancing

Sebelum dia berangkat sekolah, biarkan dia mengenakan pakaiannya sendiri. Selain itu, mintalah si kecil untuk menghitung jumlah kancing yang ada di pakaiannya, menghitung lubang sepatu dan jumlah lipatan tali sepatunya. Selain melatih kemandirian, si kecil pun bisa belajar berhitung.

Menghitung Mainan

Baca Juga

Cara-Cara Asyik Mengasah Konsentrasi Si Kecil

Supaya Saat Belajar Membaca Makin Asyik!

Cara-cara Asyik untuk Membuat Bed Time Story Menjadi Lebih Seru

Cobalah untuk menyediakan beberapa kardus atau kontainer khusus mainan, kemudian ajak si kecil untuk membereskan mainan mereka sesuai dengan klasifikasinya. Tentu saja anda pun harus meminta mereka menghitung berapa jumlah mainan yang mereka miliki.

Bagaimana Moms, sangat seru bukan? Intinya, anda harus kreatif untuk membuat hal-hal yang tadinya biasa, menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan dan memiliki nilai pelajaran yang tinggi, salah satunya adalah belajar menghitung. Selamat mengajar Moms!