Cara Aman Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

Merries Insight
08 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
Cara Aman Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang dihadapi oleh hampir 90 persen ibu hamil, terutama yang baru mengalami kehamilan pertama. Penyebab utama keluhan ini tidak lain adalah karena perubahan kadar hormon, depresi, atau stres yang umum dialami oleh para calon ibu. Ketika mengalami pusing, para ibu hamil mungkin berencana untuk mengkonsumsi obat yang biasa dikonsumsi saat pusing. Namun tidak semua obat sakit kepala aman dikonsumsi untuk ibu hamil.

Salah satu obat yang aman dikonsumsi ibu hamil untuk mengatasi sakit kepala adalah parasetamol. Namun penggunaan obat ini dalam jangka panjang juga tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Selain dengan mengkonsumsi obat, sebenarnya ada cara lain yang lebih aman untuk mengatasi sakit kepala saat hamil yaitu sebagai berikut:

Berjalan Kaki di Tempat Sejuk dan Terbuka

Sakit kepala dapat disebabkan karena perasaan depresi dan stres. Oleh sebab itu, ibu hamil dapat mencoba mengatasinya dengan hal – hal yang dapat membuat rileks. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah berjalan kaki di alam terbuka yang udaranya masih segar dan bersih. Lakukan cara ini secara teratur. Ketika pikiran merasa tenang dan rileks, pasti sakit kepala tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Tidur Siang

Ibu hamil memiliki kondisi fisik yang lebih mudah lelah. Oleh sebab itu, ibu hamil tidak boleh terlalu lelah. Ketika tubuh kelelahan, sakit kepala menjadi salah satu gejala yang sering muncul. Untuk mengatasi dan mencegah sakit kepala muncul lagi, pastikan ibu hamil mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup. Bila perlu, mulailah untuk menerapkan kebiasaan tidur siang.

Baca Juga

Cara Mengatasi Cradle Cap (Kerak Kepala)

Sifat Keras Kepala, Jauhkan Dari Anak

Solusi Ampuh Atasi Sakit Punggung Saat Masa Kehamilan Ini Bisa Dicoba Moms!

Pijat

Sakit kepala pada ibu hamil terjadi karena ada syaraf – syaraf yang tegang. Oleh sebab itu, syaraf tersebut perlu dipijat supaya lebih rileks. Jika merasa pusing, pijat kepala hingga leher dan kedua bahu secara lembut. Moms dapat meminta pasangan untuk melakukan pijatan tersebut karena tidak dapat melakukannya seorang diri.

Menghindari Makanan yang Dapat Memicu Sakit Kepala

Beberapa jenis makanan diketahui dapat memicu rasa sakit kepala pada ibu hamil. Makanan yang dapat menyebabkan sakit kepala di antaranya adalah makanan yang mengandung MSG, makanan yang mengandung pemanis buatan, makanan fermentasi, dan makanan yang mengandung nitrat seperti hotdog, burger, dan pizza.

Selain melakukan cara di atas, Moms sebenarnya juga perlu menyelidiki penyebab sakit kepala yang terjadi. Pasalnya sakit kepala tidak hanya disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan tetapi juga berbagai kondisi medis lainnya. Bila perlu, Moms dapat berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang aman dan tepat.

Baca Juga

Cara Mengatasi Cradle Cap (Kerak Kepala)

Sifat Keras Kepala, Jauhkan Dari Anak

Lingkar Kepala Bayi dapat Deteksi Kesehatan Bayi