Bila Anak Kurang Suka Berolahraga

Merries Insight
22 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
Bila Anak Kurang Suka Berolahraga

Setelah mencoba mengajak anak melakukan berbagai macam kegiatan olahraga, ternyata belum ada yang disukai oleh anak. Moms berpikir bahwa sepertinya si kecil memang kurang berminat untu berolahraga. Sebenarnya tidak masalah Moms karena tidak semua anak wajib jago di bidang olahraga. Namun bagaimanapun juga aktivitas fisik atau olahraga tetap penting untuk kesehatan anak.

Jika anak kurang bergerak, maka dia beresiko mengalami obesitas atau kegemukan yang bisa menyebabkan masalah-masalah kesehatan yang lain seperti tidur mengorok yang dapat menurunkan kualiats istirahat malamnya sehingga pagi harinya ia mengantuk, peningkatkan kadar kolesterol, dan juga dapat memicu anak mengalami diabetes. Tentu semuanya tidak Moms inginkan bukan?

Jika si kecil tidak menunjukkan minat terhadap olahraga, cobalah lihat dulu diri Moms dan papa. Apa Moms dan suami juga kurang suka olahraga? Pasalnya beberapa penelitian menunjukkan bahwa para Moms yang aktif memiliki peranan penting dalam membantu anak yang aktif termasuk berolahraga. Ketika para peneliti dari Universitas Toledo bertanya kepada anak-anak terkait siapa sosok yang paling berperan untuk membuat mereka aktif 80 % anak perempuan dan 67 % anak laki-laki mengatakan mama mereka yang membuat mereka bergerak aktif.

Orang tua memiliki peranan penting untuk menumbuhkan minat berolahraga pada anak dan cara yang paling efektif adalah mengajak si kecil melakukan olahraga bersama. Jadi Moms dapat membuat si kecil mempunyai masa depan yang lebih bugar dan sehat dimulai hari ini.

Makin cepat Moms dan si kecil rutin berlatih, maka hasilnya juga akan makin cepat diperoleh. Berdasarkan penelitian Kenneth Cooper, M.D, chairman sekaligus pendiri Cooper Aerobics Center di Dallas menemukan bahwa dalam waktu hanya 10 minggu, anak yang awalnya tidak aktif akan meningkatkan level kebugarannya hingga 70 % sehingga mereka menjadi lebih aktif.

Bila si kecil masih belum mau berolahraga, maka jangan paksa anak karena apapun yang dipaksa tentu hasilnya tidak baik. Moms harus bersabar dalam membiasakan si kecil untuk berolahraga. Mulailah secara perlahan dan saat anak sedang mood.

Tips mengajak Si Kecil berolahraga

Moms harus mencari tahu mengapa si kecil benar-benar enggan berolahraga? Mungkin saja Moms pernah mengajaknya berolahraga namun baginya olahraga yang dilakukan tidak menyenangkan. Pada dasarnya si kecil lebih senang jika olahraga terasa seperti permainan sederhana yang menyenangkan seperti lempar bola, berlari, melompati tali, atau bersepeda. Selamat mencoba ya Moms.