Bersepeda saat Hamil? Bolehkah?

Merries Insight
03 Desember 2014
Umum
Share
Bersepeda saat Hamil? Bolehkah?

Setiap orang pastinya mempunyai hobi yang berbeda-beda. Salah satu hobi atau kesukaan yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita di akhir pekan adalah bersepeda di pagi hari. Dengan bersepeda, tubuh akan terasa lebih bugar dan sehat. Selain sehat, bersepeda juga bisa dijadikan ajang untuk berkumpul dengan teman-teman atau orang baru. Namun bagi Moms yang sedang hamil dan kebetulan sekali sangat menyukai olahraga bersepeda pastinya bertanya-tanya apakah ibu hamil boleh bersepeda? Apakah benar bersepeda dapat membahayakan janin? Anda tak perlu cemas terlebih dahulu. Untuk mengetahui jawabannya, simak informasinya berikut ini.

Seorang dokter spesialis kandungan, Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG, mengatakan bahwa ibu hamil sebenarnya diperbolehkan untuk melakukan olahraga bersepeda. Olahraga bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang boleh dilakukan oleh ibu hamil. Olahraga ini akan memberikan efek yang positif bagi kesehatan ibu hamil. Apalagi ketika ibu hamil tengah memasuki masa kehamilan trimester kedua. Hanya saja dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh sang ibu. Jangan terlalu lelah karena akan berakibat kurang baik bagi janin.

Moms juga perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan sebelum anda siap melakukan olahraga bersepeda. Lihat juga kondis lingkungan, apakah cuaca dalam kondisi sedang panas atau tidak. Cuaca panas cenderung membuat anda cepat lelah dan mengalami dehidrasi. Waktu yang tepat untuk bersepeda adalah pagi hari di mana udara masih bersih dan segar serta suasana masih terbilang sepi. Kondisi seperti ini akan membuat Moms lebih santai ketika sedang bersepeda. Janin anda pun akan mendapatkan manfaatnya.

Kemudian kayuhlah pedal sepeda dengan santai. Jika lelah, segera istirahatlah dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih agar anda terhindar dari dehidrasi. Tubuh pastinya akan kembali segar dan bugar setelah anda beristirahat dan mengkonsumsi air putih. Lakukan olahraga bersepeda satu atau dua kali seminggu.

Jadi, Moms tak perlu cemas lagi ya soal akan bersepeda atau tidak. Lakukan saja asal memperhatikan beberapa poin penting di atas. Selamat berolahraga.