Benarkah Kehamilan Bisa 'Menular'?

Merries Insight
14 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Benarkah Kehamilan Bisa 'Menular'?

Apakah Moms sudah pernah mendengar kalau kehamilan dapat menular kepada orang lain? Jika ya, benarkah kenyataannya seperti itu? Fenomena tersebut tentu sudah bukan hal yang rahasia lagi. Hal ini sering dilakukan oleh para pasangan yang belum mendapatkan keturunan dan biasanya mencoba mendekatkan diri dengan perempuan yang sedang hamil supaya ikut ‘tertular’ hamil juga.

Pernyataan hamil bisa “menular” tentu saja masih berupa anggapan dan belum diketahui kebenarannya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang pernyataan tersebut, seorang peneliti dari Carlp F. Dondena Center yang meneliti tentang dinamika sosial dari Bocconi University di Italia bernama Nicoletta Balbo telah menganalisis data dari ribuan peserta saat mereka masih remaja di era 90an.

Penelitian ini juga dilakukan melalui wawancara secara berulang-ulang dan dilakukan selama bertahun-tahun. Dari penelitian tersebut didapat bahwa seseorang yang melihat sahabatnya atau saudaranya yang memiliki bayi dapat menimbulkan kecenderungan orang yang melihat untuk ikut memiliki bayi sehingga muncul pengaruh sosial serta tekanan sebaya. Hal inilah yang akhirnya membuat suatu kehamilan dapat ‘menular’ kepada orang lain

Nicoletta Balbo pun menyimpulkan bahwa kemungkinan besar orang yang melihat sahabatnya hamil tersebut akan mempunyai bayi dalam waktu 2 tahun ke depan. Jadi jika mendengar ada kalimat yang mengatakan bahwa kehamilan bisa menular, ini bukan berarti jika Moms melihat orang yang sedang hamil lantas otomatis Moms juga akan hamil. Ini tentu saja suatu kesalahpahaman yang wajib untuk diluruskan. Memang pada kenyataannya kehamilan dapat menular kepada orang lain, tetapi penularan yang terjadi ini karena hubungan sosial dengan orang lain di mana orang yang melihat jadi ingin memiliki bayi dan segera melakukan program kehamilan.

Bagi pasangan yang belum dikaruniai anak setelah menikah cukup lama, mendekatkan diri pada orang yang sedang hamil tentu saja membuat pasangan tersebut menjadi ingin cepat punya anak. Tetapi hal tersebut juga harus didukung dengan kematangan dan kesuburan dari pasangan tersebut. Jadi istilah ‘menular’ di sini tidak boleh diartikan secara mentah ya Moms.

Baca Juga

Benarkah Lagu Nina Bobo Bisa Membuat Bayi Tidur Pulas

Air es katanya adalah salah satu pantangan ibu hamil, benarkah? Kalo benar, apa saja sih efeknya untuk kehamilan?

Minum Aspirin Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan. Benarkah?