Begini Cara Menjadi Ayah yang Proaktif

Merries Insight
01 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Begini Cara Menjadi Ayah yang Proaktif

Seorang ayah memang memiliki peran yang penting dalam hal mendongkrak keluarganya agar menjadi keluarga yang tenteram dan rukun. Menjadi seorang ayah memang bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi bagi anda yang baru saja menjadi seorang ayah. Seorang ayah memang memiliki tanggung jawab yang teramat besar untuk keluarganya. Ketika sang ayah memiliki seorang anak tentunya hal yang sulit adalah mendidik dan membimbing anaknya. Terkadang ada anak yang suka membantah dan tidak mau mendengarkan nasehat dari sang ayah. Ketika sang anak tidak mau menerima nasihat dari Dads maupun ibunya biasanya ini dikarenakan anda terlalu keras dalam hal mendidik si kecil.

Nah, untuk itu anda perlu melakukan beberapa hal agar si kecil selalu mendengarkan nasihat Dads dan tidak membantah. Inilah beberapa cara menjadi ayah yang proaktif, di antaranya sebagai berikut:

  • Sebagai seorang ayah, tentunya Dads harus memperhatikan kenakalan si kecil. Namanya anak-anak, hari-harinya tentunya dipenuhi dengan bermain. Namun usahakanlah si kecil bermain dengan benda yang jauh dari yang namanya bahaya. Terlebih lagi bila si kecil masih kecil, ini sangat penting buat para Dads untuk menjauhkan benda mainan yang ukurannya kecil karena ia bisa saja menelan benda mainan tersebut.
  • Dads juga bisa melakukan pendekatan dengan si kecil. Mungkin kebanyakan dari para Dads jarang bertemu dan berkomunikasi dengan si kecil Maklum saja anda bekerja pergi pagi pulang malam. Namun, usahakanlah untuk melakukan pendekatan kepada si kecil dengan sekadar mengajak bermain.
  • Jangan terlalu memanjakan si kecil. Masa anak-anak memang waktunya bermain, namun jangan sampai Dads membelikan mainan yang tidak bermanfaat untuk Si Kecil. Jangan terlalu menuruti semua keinginannya karena si kecil akan menjadi semakin manja Dads.
  • Dads juga bisa menjadi proaktif dengan selalu mendukung apa yang menjadi cita-cita si kecil. Dukungan kepada si kecil ini perlu Dads tanamkan, karena dukungan Dads akan membuat si kecil semakin bersemangat untuk mencapai apa yang telah menjadi cita-citanya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Dads lakukan agar bisa menjadi seorang ayah yang proaktif. Menjadi seorang ayah memang harus bisa mendidik anaknya dan juga memimpin keluarganya agar bisa tercipta keluarga yang harmonis.

Dads tentunya sudah tahu apa yang harus anda lakukan ketika sudah menjadi seorang Dads. Banyak hal yang memang harus Dads lakukan, mulai mencari nafkah hingga yang lainnya yang berhubungan dengan keluarga kecil Dads.