Beberapa Tanda Si Kecil yang Masih Bayi Perlu Segera Dibawa Ke Rumah Sakit

Merries Insight
26 Agustus 2016
Tumbuh Kembang
Share
Beberapa Tanda Si Kecil yang Masih Bayi Perlu Segera Dibawa Ke Rumah Sakit

Selama si kecil masih berusia dibawah 1 tahun, banyak yang bilang kita harus siap dengan segala kemungkinan terburuk, termasuk dengan kondisi kesehatan si kecil. Ketika sakit, ada kalanya si kecil hanya butuh perawatan rumahan saja, tapi dalam beberapa kondisi, si kecil wajib dibawa ke rumah sakit.

Nah Moms, agar Moms tahu kapan harus segera lari ke dokter anak atau ke rumah sakit, berikut merupakan beberapa kondisi dimana si kecil butuh pertolongan tenaga medis dengan segera!

Demam

Jika demam biasa, mungkin si kecil cuma masuk angin dan bisa diatasi dengan memberikan pijatan atau membiarkannya banyak istirahat. Selain itu, masih banyak hal yang bisa menyebabkan suhu tubuh si kecil meninggi, seperti setelah imunisasi atau mungkin sedang tumbuh gigi.

Tapi kalau penyebab panas tinggi ini bukan karena keduanya, dan suhu tubuh si kecil sudah menginjak angka 39 derajat celcius, Moms wajib untuk segera membawa si kecil ke rumah sakit atau tenaga medis terdekat. Bahkan dalam kondisi ini, Moms bisa langsung membawanya ke UGD.

Diare

Baca Juga

Tanda-Tanda Moms sedang Mengandung Bayi Laki-laki

5 Perlengkapan Bayi Newborn yang Perlu Dibawa Saat Persalinan

Tanda-Tanda Gangguan Gerak Otot Mulut Bayi yang Harus Moms Waspadai

Masalah sistem pencernaan yang belum sempurna, telah membuat si kecil sangat rentan terserang sembelit atau diare. Nah khusus untuk diare, sebaiknya Moms harus benar-benar memperhatikannya, terlebih jika diare yang diderita si kecil sudah lebih dari 3 hari, mengeluarkan cairan berlendir, dan berbau sangit.

Dalam kondisi ini, Moms wajib membawanya ke rumah sakit. Nantinya, dokter akan memeriksa kotoran si kecil, kemudian menyimpulkan penyebabnya. Setelah itu, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat khusus, baik yang disuntikan ataupun yang diminum langsung.

Batuk Pilek

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, Batuk dan pilek merupakan penyakit langganan yang biasa menyerang si kecil. Untuk pertolongan pertama, mungkin Moms bisa langsung membeli obat ke apotek atau memberikan campuran madu dan jeruk nipis sebagai solusinya.

Tapi kalau batuk pilek ini sudah mengganggu tidur dan nafas si kecil sudah terlihat tersenggal-senggal, sebaiknya segera bawa si kecil ke rumah sakit. Yang dikhawatirkan, si kecil terserang penyakit lainnya yang justru lebih berbahaya ketimbang hanya batuk dan pilek saja.

Baca Juga

Tanda-Tanda Moms sedang Mengandung Bayi Laki-laki

5 Perlengkapan Bayi Newborn yang Perlu Dibawa Saat Persalinan

Tanda-Tanda Bayi akan Tumbuh Gigi

Makanya Moms, sangat disarankan untuk memeriksa kondisi kesehatan si kecil secara rutin, minimalnya 6 bulan sekali. Dengan begitu, dokter bisa tahu perkembangan si kecil dan riwayat kesehatannya secara lengkap, sehingga dokter akan lebih mudah memberikan solusi saat kondisi darurat menyerang.