Bayi Tak Berhenti Menangis? Mungkin Ini Penyebabnya

Merries Insight
28 Desember 2014
Kesehatan
Share
Bayi Tak Berhenti Menangis? Mungkin Ini Penyebabnya

Moms, apakah anda pernah mendengar istila baby milestones? Baby milestones adalah suatu fase di mana bayi sudah mulai memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, bersosialisasi, berbicara, dan kemampuan motorik yang baik. sayangnya, sebagian besar bayi yang mengalami fase ini kerap kali menangis dan sulit untuk berhenti menangis. Sebuah penelitian di Kanada menyebutkan lima bulan pertama, bayi sudah mulai memasuki masa di mana ia sering menangis. Bahkan ia bisa menangis hingga 2 jam. Dan dalam kurun waktu 1 hari, bayi dapat menangis sekitar 5 jam. Namun tidak semua bayi mengalami fase ini. Terkadang ada sejumlah bayi yang tetap tenang meski usianya sama-sama 5 bulan.

Fase di mana bayi sering menangis secara terus menerus juga sering disebut dengan istilah the period of PURPLE crying. Kata PURPLE pada istilah the period of PURPLE crying sendiri artinya sebagai berikut:

  • P : Peak (puncak tangisan bayi yang umumnya terjadi di usia 2 hingga 5 bulan)
  • U : Unpredictable (tangisan bayi yang tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas).
  • R : Resist (bayi akan menolak untuk ditenangkan)
  • P : Pain (Bayi merasa sakit namun anda tidak dapat menemukan penyebab rasa sakitnya)
  • L : Long (periode tangisan bayi yang sangat panjang hingga 2 jam)
  • E : Evening (bayi menangis saat sore hingga malam hari)

Ketika bayi sedang mengalami fase ini, sebaiknya anda para orang tua memahami bahwa penyebab bayi menangis secara terus menerus bukanlah kesalahan anda. Untuk mengetahui penyebab pastinya, anda boleh berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Mungkin saja ada gangguan kesehatan yang menyebabkan bayi anda rewel terus menerus. Cara lainnya, cobalah anda menenangkan bayi anda yang sedang menangis dengan cara menggendongnya lalu menimang-nimang hingga ia merasa nyaman dan aman. Atau bisa juga anda ajak bayi anda jalan-jalan ke tempat yang disukainya. Dengan beberapa cara ini, kemungkinan besar bayi anda akan lebih tenang dan berhenti menangis.