Bayi Lesu? Mungkin ada Nutrisi yang Kurang!

Merries Insight
20 November 2015
Umum
Share
Bayi Lesu? Mungkin ada Nutrisi yang Kurang!

Kenapa sih si kecil tidak seperti anak lainnya. Mereka begitu ceria dan terlihat sangat bertenaga. Tapi si kecil, dia seolah tidak memiliki tenaga untuk bergerak, dia sangat lemas, dan bahkan untuk bergerak pun seolah sangat sulit dilakukan. Kenapa bisa seperti ini?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan si kecil menjadi sangat lemas dan kurang bergairah. Salah satunya mungkin karena kekurangan zat besi.

Zat besi sangat berperan penting dalam memproduksi hemoglobin, yang merupakan protein yang untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh, termasuk ke jaringan otak. Dengan kata lain, kekurangan zat besi bisa menyebabkan penurunan tingkat hemoglobin darah, sehingga proses penyerapan oksigen oleh tubuh menjadi berkurang.

Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu terjadinya anemia, atau masalah kekurangan sel darah merah. Hal inilah yang menyebabkan si kecil terlihat lemah, lesu dan kurang bertenaga. Lebih jauh lagi, anemia bisa menyebabkan tumbuh kembang si kecil menjadi terhambat, terutama perkembangan fisiknya.

Apa solusi supaya si kecil tidak mengalami anemia?

Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja cara yang paling ampuh adalah dengan menambah asupan zat besi pada anak. Jika si kecil masih diberi ASI, sebaiknya Moms mengonsumsi suplemen khusus penambah zat besi, dan mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan zat besi, seperti bayam, daging merah, hati, kepiting, kacang edamame dan makanan lainnya.

Ajak si kecil untuk aktif bergerak. Walaupun si kecil terlihat lemas dan lesu, tapi usahakan agar si kecil tetap aktif bergerak. Selain itu, jika memang dibutuhkan, si kecil pun bisa diberi suplemen penambah zat besi khusus untuk bayi. Tapi ingat, untuk masalah ini, anda harus mendiskusikannya dengan dokter. Salah pemberian suplemen, bisa fatal lho akibatnya.

Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada kita. Untuk itu, jagalah mereka dengan segenap hati dan kemampuan Moms. Kalau memang diperlukan, jangan ragu untuk mengeluarkan uang yang banyak demi kesehatan, serta menunjang tumbuh kembang si kecil. Berusaha, dan tetap semangat ya Moms!