Bayi 7 Bulan Sudah Bisa Lakukan Hal Ini Lho!

Bayi 7 Bulan Sudah Bisa Lakukan Hal Ini Lho!

Di usianya yang sudah lewat setengah tahun, bayi biasanya sudah mulai bisa mengucapkan kata-kata yang sering didengarnya. Selain itu, banyak juga perkembangan bayi 7 bulan yang pastinya bisa membuat Moms bahagia dan senang.

Saat Si Kecil sudah berusia 7 bulan, saraf motoriknya sudah mulai bekerja dengan baik. Biasanya bayi akan mulai belajar merangkak dengan cara menyeimbangkannya melalui kedua tangan dan lututnya. 

Dalam masa itu, pembentukan massa otot bayi berjalan lebih baik. Kemampuannya untuk berbicara dengan bahasanya sendiri juga mulai ditunjukkan. Itu mengapa, asupan nutrisi tidak dapat dikesampingkan saat bayi terus bertumbuh. 

Nah berikut merupakan perkembangan bayi 7 bulan yang bisa Moms perhatikan

1. Gigi mulai tumbuh

Sejak bayi berusia 4 bulan, proses tumbuh gigi sebenarnya sudah terjadi. Namun hal itu akan lebih kentara saat usianya masuk 7 bulan. Jika Moms perhatikan, Si Kecil akan selalu berusaha memasukkan tangan dan juga benda apa saja kedalam mulutnya. Hal itu dikarenakan gusinya mulai gatal karena giginya sedang dalam proses tumbuh. 

Dalam proses itu, air liur bayi juga bisa lebih melimpah. Hal itu merupakan proses alamiah di mana tubuhnya mencoba beradaptasi akan adanya perubahan yang terjadi didalam mulutnya. Untuk meredam rasa gatal pada gusi, Moms bisa memberikan buah dingin yang sudah dilumatkan. Dengan begitu bayi bisa merasa lebih nyaman saat proses tumbuh giginya. 

Selain itu, Moms juga bisa terus mengajaknya berkomunikasi dan berinteraksi lewat nyanyian dan obrolan. Dengan begitu, kognitif bayi juga menjadi semakin terangsang. 

2. Sudah bisa diajak bermain interaktif

Perkembangan bayi 7 bulan yang tak kalah menariknya adalah, Si Kecil sudah bisa diajak untuk bermain secara interaktif. Biasanya Moms, dia akan mengetes otoritas Moms dengan menolak arahan dan perintah yang diberikan. Bayi akan sambil tertawa melakukannya, jadi semuanya akan terasa sangat menyenangkan. Biasanya dia akan mencoba melakukan hal yang justru dilarang oleh Moms. 

Jika sudah begitu, Moms bisa menegurnya dengan lembut, katakan hal tersebut tidak boleh karena apa. Setelah itu, Moms bisa mengalihkan perhatiannya. Biarkan Si Kecil mulai mengenali berbagai intonasi bicara dari Moms. Intonasi mana yang berarti bermain, dan intonasi mana yang berarti menegur. Dalam masa perkembangan bayi 7 bulan, Si Kecil juga akan sangat terlihat ekspresif. Dia bisa merasa tidak nyaman saat berada di lingkungan yang asing atau jika Moms berada jauh darinya, sehingga mungkin terasa lebih rewel dari biasanya.

Moms bisa memberitahu bahwa Moms tidak pergi kemana-mana. Lalu berikan pelukan. Biasakan Si Kecil berada di lingkungan yang banyak orang. Dengan begitu, dia bisa menjadi mudah beradaptasi saat Moms harus pergi keluar rumah. 

Hal yang menggemaskan lainnya adalah, Si Kecil sudah bisa meniru gerakan melambaikan tangan atau mengikuti ekspresi orang yang sering dilihatnya. Itu juga mengapa, Moms harus terus memberikan lingkungan yang baik untuk Si Kecil. Karena imitasi merupakan proses alamiah dia dalam menuju pertumbuhan yang sempurna. 

Moms bisa memasukkan nilai-nilai kebaikan di saat seperti ini. Jadi bayi akan terus merekamnya hingga dia dewasa kelak. Benar adanya jika usia 0 sampai 2 tahun merupakan masa periode emas. Ia akan menjadi pribadi yang seperti apa saat dia mulai bermasyarakat atau mulai menapaki hidupnya dengan mandiri, ditentukan saat usia sekarang.

Mungkin terdengar sepele, namun apa yang ia pelajari dari usia kini akan terus terbawa hingga ia dewasa sebagai bentuk kebiasaan. Misalnya, tidak terbiasa membuang apapun di tangan ke sembarang tempat. 

3. Mengobrol

Perkembangan bayi 7 bulan lainnya yang bisa diperhatikan adalah kemampuannya untuk berkomunikasi semakin terasah. Moms bisa terus mengajaknya bercanda ataupun berbicara tentang bagaimana makannya, bagaimana sayangnya Moms kepada Si Kecil.  Bayi pada usia 7 bulan sudah mulai berceloteh dengan bahasanya. Seakan mengajak ngobrol, Moms bisa sambil mengajaknya bersenandung juga. 

Gunakan juga isyarat tangan dan gerakan saat menyanyi. Jadi bayi bisa meniru gerakannya untuk meminta Moms menyanyikan lagu yang sama. Si Kecil juga sudah paham akan ekspresi wajah Moms sekalian. Jadi begitu Moms melarang ataupun khawatir, bayi dapat membacanya dan memilih untuk tidak melakukan hal tersebut. Bahasa bayi merupakan bibit dari kecerdasannya kelak. Moms sambil memberi makan atau sambil mengganti popoknya, bisa terus berkomunikasi untuk merangsang bahasanya. 

Dengan begitu, Si Kecil bisa melihat dan memperhatikan mana bahasa yang benar sekaligus merekamnya di ingatan. Meskipun terlihat dan terdengar gemas, jangan latah untuk mengikuti bahasa bayi  yang belum sempurna. Moms malahan harus memberikan bahasa yang benar dan jelas agar bayi bisa terus melatih kemampuannya berbahasa. 

Bentuk komunikasi Moms dengan Si Kecil sebenarnya sudah dimulai jauh sebelum bayi mulai berceloteh. Sentuhan merupakan bentuk komunikasi paling awal yang terjadi antara ibu dan anak. Sehingga usahakan untuk menghabiskan waktu dengan Si Kecil ya Moms. Salah satu momen yang bisa Moms manfaatkan adalah saat mengganti popoknya. 

Saat Moms mengganti popoknya, cara Moms membelai dengan lembut, bayi sudah bisa merasakan hal itu. Gunakan popok berkualitas agar bayi tetap nyaman. Popok Merries bisa menjadi pilihan Moms. Permukaan yang lembut dan sirkulasi udara yang baik membuat popok tetap kering dan sejuk. Kebiasaan membelai ini bisa membuat Si Kecil yang berusia 7 bulan lebih aktif dan komunikatif.

4. Motorik meningkat

Setelah puas meminum ASI eksklusif selama 6 bulan, lalu ditambah dengan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) di usia tengah tahunnya, kemampuan motorik Si Kecil akan mulai diperlihatkan.

Dia sudah bisa memutar badan dan menegakkan punggung untuk duduk lebih lama. Selain itu, dia juga akan aktif merangkak. Meskipun ada banyak anak juga yang tidak membutuhkan proses merangkak dan langsung berjalan. 

Jika sudah begitu, Moms harus memperhatikan kondisi lantai dan juga barang-barang yang ada di sekitarnya. Pindahkan barang tersebut untuk menciptakan ruang gerak yang lebih luas pada Si Kecil. Dalam pikirannya, dia seperti sedang menjelajah bagian yang tidak pernah dia lewati. Ya, karena biasanya berada di pelukan Moms, kala merangkak, dia merasa menjelajahinya sendiri.

Sehingga, bayi akan merasa jauh lebih senang dan bahagia ketika sudah memulai fase itu. Selain itu, kemampuan motoriknya yang lain juga perlu diasah Moms. Moms bisa mengajaknya bermain sambil bernyanyi. Gunakan gerakan sehingga dia bisa meniru dan ikut bernyanyi bersama. 

Selain itu, perkembangan bayi 7 bulan juga sudah mulai menyukai suara benda yang ada di sekitarnya, Seperti suara galon air yang kosong, suara botol ketika dipukul ke lantai dan bentuk suara lainnya. Perlu diingat juga Moms, bayi memiliki ciri unik yang membedakan dia dengan bayi lainnya. Begitu pula dengan pertumbuhan dan perkembangannya. 

Ada yang lebih kuat di celotehannya namun proses merangkaknya berjalan lebih lama dari seusianya atau sebaliknya. Itu merupakan hal yang wajar Moms. Jadi jangan khawatir ketika membandingkan anak Moms dengan anak yang lain ya.  Misal ada perbedaan di perkembangannya, Moms tidak perlu bersedih. Karena pada saatnya nanti Si Kecil pasti siap untuk melakukan hal itu semua. Moms hanya perlu sabar dan terus mendukung asupan dan gizinya.