Bagaimana Cara Menjadi Sosok Dads yang Disiplin dan Adil?

Bagaimana Cara Menjadi Sosok Dads yang Disiplin dan Adil?

Membuat Si kecil merasa senang hampir bisa dilakukan oleh semua Dads. Namun, menjadi Dads yang disiplin dan adil merupakan suatu pencapaian. Disiplin itu sendiri merupakan satu poin penting yang mesti diajarkan kepada Si kecil. Kira-kira, bagaimana cara menjadi sosok Dads yang disiplin dan adil? Yuk simak ulasannya!

Memberi Penghargaan yang Tepat

Jangan ragu untuk memberi penghargaan saat Si kecil melakukan perbuatan baik. Reward atau hadiah ini secara tidak langsung akan menjadi suntikan semangat bagi Si kecil untuk terus mengulangi perbuatan baiknya. Misalnya, ketika Si kecil mendapatkan nilai A di sekolahnya, menolong orang lain yang kesulitan, menghindari berkelahi, atau hal lainnya yang membuat bangga. Tunjukkan kepada Si kecil kalau Dads merasa bangga agar mereka mengetahuinya.

Berikan Sanksi yang Tepat

Agar menjadi sosok Dads yang disiplin dan adil, Dads juga harus memberi sanksi bila Si kecil melakukan kesalahan. Sanksi tersebut ditujukan agar Si kecil mengetahui bila mereka sudah berbuat salah dan harus menerima hukuman akibat kesalahannya. Hal ini bisa melatih Si kecil agar lebih dewasa. Namun, jangan hanya memberi sanksi saja. Berikan pula penjelasan bahwa apa yang sudah mereka lakukan adalah salah dan berikan contoh yang benar atau yang semestinya dilakukan.

Bersikap Konsisten

Baca Juga

Dads Adalah Sosok Komunikator yang Baik

Tips Menerapkan Disiplin pada Balita

Tips yang Bisa Dads Terapkan untuk Bersikap Adil Terhadap Anak-anak

Bersikap konsisten juga penting seperti halnya memberi hadiah atau sanksi. Bila Si kecil melakukan kesalahan, konsisten untuk memberi sanksi. Meskipun sedang berada di tempat umum. Demikian pula sebaliknya. Bila Si kecil membuat prestasi jangan malu untuk memberikan perlakuan istimewa.

Jangan Berteriak Kepada Si Kecil

Hindari berteriak kepada Si kecil meski Dads benar-benar merasa marah. Berteriak bukan solusi. Bila Dads berteriak, bisa jadi Si kecil malah membangkang dan tidak mendengarkan apa yang Dads katakan sembari berteriak. Salah-salah bila langsung berteriak di depan Si kecil, mereka malah enggan berbicara dengan Dads. Entah itu karena takut atau malas. Oleh karena itu, lebih baik bila Dads tetap bersabar dan memberikan penjelasan dengan kata-kata lembut.

Menjadi Dads yang Disegani dan Dicintai

Salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu Si kecil mengetahui bila Dads merupakan orang tua yang disiplin. Sehingga hal ini akan menghindarkan Si kecil berbuat licik kepada Dads. Perlu diingat, bahwa Si kecil masih membutuhkan kasih sayang dan cinta. Memang benar Dads wajib disiplin menegakkan aturan secara tegas. Namun, jangan lupa pula mencintai dan menghargai Si kecil.

Baca Juga

Dads Adalah Sosok Komunikator yang Baik

Cara-cara Asyik untuk Membuat Bed Time Story Menjadi Lebih Seru

Pastikan Tak Ada Kompromi untuk 5 Aturan Disiplin Ini Ya Dads!