Aturan Makan yang Wajib Moms Terapkan Pada Si Kecil

Merries Insight
03 Juni 2016
Kesehatan
Share
Aturan Makan yang Wajib Moms Terapkan Pada Si Kecil

Pada waktu makan, Moms dan si kecil seharusnya melewatinya dengan perasaan senang. Suasana yang menyenangkan ketika makan dapat membantu memastikan si kecil memperoleh asupan nutrisi yang dibutuhkan. Sebaliknya jika suasana makan kurang menyenangkan, si kecil menjadi sulit makan dan tidak memperoleh nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya. Oleh sebab itu Moms perlu menciptakan aturan makan yang menyenangkan dengan beberapa tips berikut ini:

Bersikap Positif

Sikap Moms yang terlalu mengkhawatirkan si kecil tidak menghabiskan makanannya dapat membuat suasana makan menjadi kurang menyenangkan. Pasalnya, dari sikap khawatir, Moms cenderung akan mengeluarkan kata-kata ancaman bahkan sebelum waktu makan dimulai. Oleh sebab itu, selalu bersikap positif dan senang setiap jam makan si kecil tiba.

Menyajikan Makanan yang Sama

Beberapa orangtua sengaja menciptakan menu khusus untuk si kecil. Padahal Moms sebaiknya menyajikan makanan yang sama agar si kecil lebih bersemangat untuk makan karena ia mendapat makanan yang sama dengan Moms dan Dads. Agar si kecil lebih mudah menyantap makanan tersebut, potong-potong makanan tersebut dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu rasanya juga wajib disesuaikan untuk si kecil. Bila Moms memasak makanan pedas, buatlah makanan yang sama tetapi tidak menggunakan cabai.

Mengenali Tekstur Kesukaan Si Kecil

Sebagian anak menyukai makanan renyah. Sebaliknya, ada pula yang suka menyantap makanan lembut. Moms perlu mengenali lebih dulu seperti apa tekstur makanan kesukaan si kecil supaya dapat menyiapkan menu kesukaannya.

Mulai dengan Menyajikan Makanan Kesukaan Si Kecil

Saat mengajak si kecil makan, mulailah dari makanan favoritnya. Tetapi hindari hanya membuat makanan kesukaan si kecil saja. Memang, makanan favorit dapat membuat si kecil segera duduk dan menghabiskan makanannya. Tetapi, siapkan pula makanan baru agar Moms setidaknya dapat menawarkan satu sendok makanan baru. Cara lainnya supaya si kecil tidak merasa dipaksa mencoba makanan baru adalah menyisipkan makanan baru tersebut ke dalam makanan kesukaannya.

Jangan Menyuap

Hindari memberikan iming-iming kepada si kecil dengan reward saat ia tidak ingin makan. Contohnya “Kalau adik menghabiskan makan, Moms akan membelikan permen.” Cara ini akan membuat si kecil mempelajari bahwa ia makan untuk memperoleh hadiah bukan karena lapar dan perlu mendapatkan sumber energi.

Berikan Kebebasan Untuk Memilih

Siapkan makanan di atas meja kemudian biarkan si kecil melihat semuanya. Tanyakan makanan mana yang ingin dimakan si kecil. Cara ini akan membuat si kecil senang dilibatkan memilih apa yang hendak ia makan. Namun Moms wajib untuk selalu mengawasi pilihan si kecil tersebut agar tetap bervariasi dan kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi.