ASI Bisa Membuat Mata Si Kecil Jadi Lebih Berbinar

Merries Insight
20 September 2016
Kesehatan
Share
ASI Bisa Membuat Mata Si Kecil Jadi Lebih Berbinar

Pada saat baru lahir, bayi belum mampu melihat dengan sempurna. Untuk mendukung pertumbuhan matanya yang sehat, Moms perlu memberikan nutrisi yang tepat. Bayi memerlukan waktu hingga matanya benar – benar mampu melihat suatu objek dengan jelas dan fokus. Lewat mata, otak dapat mengkoordinasi objek dan mengingat sesuatu yang dilihat. Pemberian nutrisi yang tepat dapat mendukung kesehatan mata si kecil.

Mata yang redup pada si kecil dapat menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan matanya. Tetapi jika setelah dikontrol buah hati Moms normal atau tidak mengalami masalah dan ingin agar mata tersebut terlihat berbinar, ada beberapa cara mudah yang dapat Moms lakukan.

Hanya dengan memastikan si kecil mendapatkan asupan ASI eksklusif selama 6 bulan, hal ini sudah cukup mampu membuat mata bayi menjadi lebih berbinar. Pasalnya di dalam ASI terdapat kandungan vitamin E, K, Lutein dan Zeaxanthin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Jika si kecil sudah mendapatkan makanan tambahan atau MPASI, Moms juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk mata dengan memberikan sayuran berwarna hijau gelap misalnya brokoli, bayam, sayuran, dan buah berwarna kuning atau orange Kecukupan gizi yang mendukung kesehatan mata si kecil memang bersifat wajib. Gizi seimbang termasuk vitamin dan juga mineral yang diperlukan oleh mata dapat diperoleh dari konsumsi makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan memiliki kandungan vitamin dan juga mineral dapat menjaga kesehatan mata dan penglihatan si kecil:

Taurin

Zat yang satu ini juga sangat penting bagi perkembangan retina. Jika kekurangan zat ini, seseorang dapat mengalami retinitis pigmentosa atau rabun pada mata dengan ciri – ciri pandangan mata kabur dan terdapat bintik hitam pada mata yang beresiko terhadap kebutaan. Taurin diperoleh dari susu dan daging merah.

Baca Juga

Permainan Ini Bisa Membuat Si Kecil Lebih Aktif

Keterlibatan Dads dalam Pengasuhan Bisa Membuat Si Kecil Lebih Berprestasi

5 Kebiasaan Ibu yang Membuat Anak Jadi 'Cranky'

Vitamin A

Kandungan karotenoid dalam vitamin A mengubah cahaya menjadi sinyal untuk diproses di otak dan membantu pertumbuhan selaput konjungtiva dan kornea. Vitamin A memiliki peranan penting pada fungsi retina dan membantu mata beradaptasi dengan cahaya gelap dan terang selain mengurangi resiko katarak. Makanan yang mengandung vitamin A adalah sayuran berwarna hijau dan jingga seperti wortel, brokoli, arberi, tomat, mangga, dan semangka. Vitamin A juga terdapat pada telur, daging, dan hati.

Lutein

Lutein berperan sebagai pelindung mata, khususnya retina dari dampak radiasi sinar biru dan juga berperan sebagai antioksidan. Lutein diperoleh dari ASI, wortel, dan sayuran hijau seperti bayam.

AA-DHA

Baca Juga

Permainan Ini Bisa Membuat Si Kecil Lebih Aktif

Keterlibatan Dads dalam Pengasuhan Bisa Membuat Si Kecil Lebih Berprestasi

5 Kebiasaan Ibu yang Membuat Anak Jadi 'Cranky'

Ini adalah pondasi utama pembangun jaringan syaraf pada retina dan otak. Kandungan ini dapat diperoleh dari ASI dan terdapat pada lemak ikan laut misalnya ikan salmon dan ikan kembung.