Apakah Si Kecil Siap Pipis Sendiri? Ini Dia Tandanya!

Merries Insight
16 Oktober 2015
Tumbuh Kembang
Share
Apakah Si Kecil Siap Pipis Sendiri? Ini Dia Tandanya!

Moms, pada dasarnya anak usia 2 tahun sudah mulai bisa mengendalikan saluran kencingnya. Dengan kata lain, di usia ini si kecil seharusnya sudah bisa diajarkan untuk mulai pipis sendiri di toilet, atau dalam istilah kerennya toilet learning. Tapi kalau Moms masih bingung, berikut merupakan beberapa tanda si kecil sudah mulai siap untuk belajar pipis sendiri.

Kesiapan fisik

  • Sudah bisa berjalan dan duduk dengan stabil di potty chair.
  • Sudah bisa mengangkat gayung untuk mengambil air, kemudian sudah bisa menyiramkan air ke bekas pipisnya dengan tepat.
  • Sudah bisa mengendalikan keinginannya buang air atau pipis. Hal ini bisa di lihat dengan cara, si kecil yang sudah bisa menahan pipis selama beberapa jam. Selain itu, tanda matangnya organ reproduksi si kecil di tandai dengan pipis yang lebih teratur.
  • Sudah bisa menunjukkan ekspresi ingin buang air. Contohnya saja, wajahnya memperlihatkan ekspresi meringis ketika akan pipis, atau beberapa gelagat lainnya seperti kebanyakan orang yang akan buang hajat atau pipis.

Kesiapan mental

  • Sudah bisa memberi tahu kalau celananya basah dan segera minta diganti setelah pipis atau setelah bermain air. Kalau keinginannya ini tidak dipenuhi, si kecil biasanya akan menunjukkan ekspresi kesal dan menjadi
  • Sudah bisa bilang kalau dia ingin pipis atau hendak buang air besar.
  • Memiliki ketertarikan kepada kamar mandi. Contohnya saja, si dia kerap mengikuti orang desa untuk melihat kegiatan mereka di kamar mandi.
  • Sudah bisa di ajak kerja sama, mampu berkomunikasi dengan bahasa yang sudah bisa kita mengerti, atau paling tidak Moms sendiri yang sudah mengerti bahasanya.

Bagaimana Moms, apakah si kecil sudah menunjukkan beberapa tanda di atas. Nah, jangan kalau sudah seperti ini, jangan tunggu waktu lagi, segera berikan pelatihan toilet learning kepada si kecil. Ingat Moms, kunci keberhasilan toilet learning adalah, harus bisa mengendalikan emosi, sabar, tunjukkan kasih sayang dan konsisten dengan latihan ini. Selamat mencoba!