Apa yang Sebaiknya Moms Lakukan Saat Nafsu Makan Si Kecil Berkurang?

Merries Insight
27 Juni 2016
Umum
Share
Apa yang Sebaiknya Moms Lakukan Saat Nafsu Makan Si Kecil Berkurang?

Akan selalu ada fase dimana Si Kecil nafsu makannya berkurang dan akan membuat para Moms menjadi kerepotan. Karena Si Kecil pasti akan mengeluarkan berbagai macam tingkahnya untuk menolak makanan yang diberikan oleh Moms, mulai dari berlari-larian kesana kemari bahkan sampai Si Kecil menangis jika disuruh untuk duduk. Sekalipun makanan tersebut masuk ke dalam mulut Si Kecil pasti tidak langsung di makan dan dikunyah, tetapi didiamkan di mulut dan diemut.

Pastinya para Moms merasa bingung harus bagaimana lagi jika nafsu makan Si Kecil berkurang. Tenang Moms disini Moms akan mendapatkan solusi dan cara tepat untuk dapat meningkatkan nfasu makan Si Kecil. Berikut ini hal yang perlu Moms lakukan untuk mengatasi nafsu makan Si Kecil berkurang.

Biarkan Si Kecil Memilih Makanan

Moms pasti Si Kecil akan merasa bosan jika menu makanan yang Moms sajikan itu-itu saja. Karena bosan inilah yang dapat membuat Si Kecil menjadi berkurang nafsu makannya. Jangan karena pas sekali makan menu tersebut Si Kecil jadi terus nambah makannya lalu Moms terus memberikan menu makanan tersebut kepada Si Kecil. Memang awalnya Si Kecil merasa suka dengan makanan tersebut tetapi lama-kelamaan Si Kecil menjadi bosan. Untuk itu sebaiknya biarkan anak memilih makanan yang diinginkan. Jika makanan yang diinginkannya tidak bergizi maka Moms dapat melengkapinya dengan menu makanan tambahan.

Membuat Makanan dengan Kreasi yang Unik

Si Kecil pasti akan sangat suka dengan sesuatu yang mempunyai penampilan menarik dan lucu. Untuk itu Moms dapat membuatkan makanan dengan kreasi yang unik untuk dapat menarik perhatiannya. Selain itu pasti Si Kecil lebih mempunyai rasa ingin memakan makanan yang dibuat dengan kreasi yang unik. Seperti membuat nasi goreng yang dibentuk gambar bintang lengkap dengan sayuran dan sosis yang dibentuk beraneka ragam, atau membuat kue dengan bentuk buah-buahan dan binatang, serta roti yang dibentuk dan ditaburi mesis warna-warni.

Memberikan banyak pilihan

Selain membiarkan Si Kecil memilih banyak makanan, Moms juga harus memberikan banyak pilihan terhadap menu makanan yang akan disajikan kepada Si Kecil. Selain dapat mengatasi rasa jenuh atau bosan Si Kecil, memberikan banyak pilihan menu makanan akan membuat Si Kecil menjadi tertarik untuk mencoba makanan baru yang Moms sajikan. Kualitas makanan juga harus sama dan memang seharusnya menu makanan untuk Si Kecil dibuat dengan berbagai variasi.

Membuat suasana yang menyenangkan

Ajak Si Kecil ke tempat yang yang mereka sukai atau Moms bisa mengajaknya bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Dengan begitu Si Kecil akan merasa lebih senang untuk makan karena selain merasa lebih leluasa Si Kecil juga akan lebih bisa menghabiskan makanannya. Jangan memaksa Si Kecil untuk menghabiskan makanannya karena Si Kecil akan kehilangan selera. Biarkan Si Kecil yang meminta sendiri.