Apa yang Akan Terjadi Kalau Saat Hamil Moms Makan Nanas?

Merries Insight
04 Juni 2016
Kesehatan
Share
Apa yang Akan Terjadi Kalau Saat Hamil Moms Makan Nanas?

Apakah nanas aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Ini adalah pertanyaan yang paling sering muncul dari.

ibu muda yang baru pertama kali hamil. Rasa manis alami dari buah nanas menawarkan kemampuan untuk meningkatkan energi di dalam tubuh. Selain itu kandungan serat yang tinggi pada nanas juga dapat membantu ibu hamil dalam mengatasi sembelit yang sering terjadi saat kehamilan Tidak dipungkiri bahwa nanas termasuk salah satu buah yang dikeramatkan oleh para ibu hamil di Indonesia karena dipercaya dapat membahayakan kehamilan dan memicu keguguran.

Padahal nanas sebenarnya merupakan sumber vitamin B6 yang dapat membantu mengatasi rasa mual dan muntah saat trimester pertama kehamilan. Walaupun demikian, mengkonsumsi buah nanas saat hamil memang dapat memberikan beberapa dampak yang kurang baik untuk kehamilan itu sendiri. Dampak tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Memicu Kontraksi

Mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang terlalu banyak berpotensi menyebabkan kontraksi dan tidak nyaman pada ibu hamil. Nanas dapat menyebabkan si kecil di dalam rahim bergerak lebih banyak dan mendesak untuk kontraksi karena nanas yang memiliki efek panas untuk janin. Namun jika ibu hamil hanya mengkonsumsi dalam jumlah yang sedikit, hal ini tidak akan berpengaruh pada kehamilan. Ibu hamil yang sudah mulai mendekati tanggal persalinan tidak diperbolehkan mengkonsumsi nanas karena dapat menyebabkan kondisi si kecil terganggu.

Memicu Kelahiran Prematur

Baca Juga

Ada yang bilang bayi akan lebih sehat kalau mandi dengan air dingin, benarkah itu Moms?

Pina Colada Jelly, Segarnya Paduan Buah Nanas dan Kelapa Ala Puerto Rico

Kreasi Lezat Roti Panggang Nanas. Yuk Cobain!

Makan nanas dalam jumlah yang banyak juga dapat memicu terjadinya kelahiran premature. Hal ini karena nanas memiliki kandungan zat bromelain yang dapat menimbulkan kontraksi apda leher rahim dan menginduksi persalinan yang lebih cepat dari jadwal. Tetapi ibu hamil setidaknya memerlukan 6 buah nanas untuk memperoleh efek tersebut. Konsumsi rutin dengan jumlah yang banyak juga tidak diperbolehkan karena dapat mengakibatkan resiko tersebut.

Diare

Jika terlalu banyak makan nanas, ibu hamil juga dapat mengalami diare. Efek dari bromelain yang terdapat pada buah nanas memang dapat mengatasi masalah sembelit. Tetapi jika nanas dikonsumsi secara berlebih, maka akan menyebabkan diare dan melembutkan leher rahim yang dapat berakibat pada kelahiran premature.

Meningkatkan Gula Darah

Bagi Moms yang mempunyai masalah diabetes gestasional atau diabetes, Moms dilarang mengkonsumsi nanas selama hamil. Nanas memiliki kandungan gula alami yang dapat memicu naiknya gula darah. Bila Moms mengalami kenaikan gula darah, hal ini dapat menyebabkan masalah pada si kecil termasuk resiko lahir premature dan keguguran.

Baca Juga

Ada yang bilang bayi akan lebih sehat kalau mandi dengan air dingin, benarkah itu Moms?

Pina Colada Jelly, Segarnya Paduan Buah Nanas dan Kelapa Ala Puerto Rico

Kreasi Lezat Roti Panggang Nanas. Yuk Cobain!