Apa sih Keunggulan Sekolah Alam?

Apa sih Keunggulan Sekolah Alam?

Saat Si kecil sudah memasuki usia sekolah, merupakan tugas orang tua memilihkan sekolah yang bagus dan berkualitas. Apakah Moms dan Dads bingung menentukan sekolah yang pas untuk Si kecil?

Ada banyak pilihan. Mulai dari home schooling, sekolah umum, atau sekolah alam. Setiap pilihan yang ditawarkan itu pun sudah pasti memiliki kelebihan masing-masing. Adapun pada kesempatan kali ini diberikan beberapa keunggulan sekolah alam sebagai bahan referensi:

Mengenal Sekolah Alam dan Keunggulannya

Sekolah alam adalah sekolah dengan metode pendidikan alternatif yang memanfaatkan alam sebagai media utama dalam pembelajaran. Di sekolah alam, Si kecil bisa belajar segala sesuatu yang berada di alam semesta. Terdapat 3 fungsi yang tersemat dalam konsep pendidikan di sekolah alam, diantaranya:

  1. Alam sebagai ruang kelas untuk belajar.
  2. Alam sebagai media dan sekaligus bahan mengajar.
  3. Alam sebagai obyek dari kegiatan pembelajaran.

Sekolah alam jelas beda dibanding lainnya. Sekolah alam mempunyai ciri khas diantaranya:

  • Siswa akan lebih banyak belajar di alam terbuka.
  • Metode pembelajaran yang digunakan lebih dominan berupa metode action learning. Metode tersebut diaplikasikan dengan membelajarkan Si kecil melalui pengalaman. Dengan mengalami secara langsung, Si kecil akan belajar lebih aktif, lebih semangat, dan tidak bosan.
  • Memanfaatkan alam sebagai media belajar dengan tujuan supaya Si kecil lebih peduli terhadap lingkungan dan mampu menerapkan pengetahuan yang sudah didapatkan.

Keunggulan Sekolah Alam

  • Si kecil yang belajar di sekolah alam menjadi tidak hanya terpaku dengan teori. Akan tetapi, Si kecil mampu mengalami langsung pengetahuan yang sudah dipelajari.
  • Pembelajaran yang dilakukan di ruang terbuka terasa tidak terlalu mengurung Si kecil di dalam ruang bersisi 4.
  • Menerapkan sistem belajar yang segar dan meninggalkan sistem belajar mengajar konvensional. Dalam hal ini pihak pendidik yakni guru pun mendapat tantangan baru agar siswa tidak hanya mendapatkan informasi sepenuhnya mengandalkan pada buku panduan.
  • Suasana belajar tidak terkesan kaku dan terasa lebih menyenangkan seperti halnya saat bermain.
  • Si kecil bisa menggunakan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik secara seimbang.

Namun dengan segala keunggulannya, tentunya sekolah model ini juga memiliki kekurangan sendiri, Moms. Sekolah alam di Indonesia masih sangat terbatas kehadirannya. Hingga saat ini, jenjang paling tinggi yang dipunya sekolah alam umumnya adalah kelas satu SMP. Untuk jenjang selanjutnya, murid diharuskan pindah ke sekolah umum.

Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan juga tidak kecil, Moms. Sekolah alam umumnya mematok biaya yang nyaris bernilai dua kali lipat dengan jika Moms menyekolahkan si kecil di institusi biasa.

Jadi, meskipun menawarkan banyak keunggulan, sekolah alam juga punya beberapa hal yang patut dipertimbangkan Moms. Jadi, jangan terburu-buru memilih ya!