Apa Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Hamil?

Merries Insight
24 Februari 2016
Kesehatan
Share
Apa Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Hamil?

Sering buang air kecil saat hamil adalah hal yang lumrah, terlebih jika usia kandungan sudah memasuki tri semester ke 3. Tetapi yang menjadi pertanyaan para ibu hamil adalah penyebab sering kencing saat hamil. Melalui pembahasan penyebab sering kencing saat hamil berikut, Moms dapat mengetahui mengapa Moms sering berkemih saat hamil.

Tertekannya kandung kemih

Penyebab sering kencing saat hamil yang paling utama adalah tertekannya kandung kemih. Saat kandungan Moms sudah mulai membesar, maka perkembangan rahim akan mendesak kandung kemih sehingga rasa ingin buang air akan semakin sering.

Keinginan untuk minum lebih banyak

Saat hamil normalnya Moms akan meminum air dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Ini diakibatkan oleh perubahan hormon yang menimbulkan rasa panas dalam tubuh. Banyaknya air yang dikonsumsi ini tentu saja harus diimbangi dengan sekresi air. Tubuh yang menanggapi sekresi dengan mengubah kelebihan air menjadi air kencing inilah yang turut menjadi penyebab sering buang air kecil saat hamil.

Otot vagina merenggang

Saat hamil, otot vagina akan merenggang. Nah, karena otot vagina berhubungan langsung dengan saluran kemih maka Moms akan kesulitan mengontrol keluarnya air seni. Jadi tak dapat dipungkiri bahwa kerenggangan otot vagina merupakan salah satu penyebab sering kencing saat hamil.

Coba Moms bandingkan ketika Moms masih perawan dan posisi saat Moms hamil, tentu kemampuan mengontrol air kencing sangat berbeda. Dulu Moms dapat leluasa menahan air kencing dan jarang sekali ngompol karena otot vagina yang masih rapat. Beda halnya setelah menikah, otot vagina mulai merenggang dan semakin merenggang selama masa kehamilan.

Infeksi saluran kemih

Berbeda dengan 3 poin sebelumnya yang masih bisa dianggap normal, penyebab sering kencing saat hamil akan menjadi bahaya jika disebabkan oleh infeksi saluran air kemih atau ISK. Tak jarang ibu hamil mengalami isk sejak hamil muda hingga hamil tua.

Tanda sering kencing saat hamil akibat ISK yang harus Moms ketahui adalah rasa nyeri, sakit atau bahkan perih ketika kencing. Jika ini terjadi, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah tepat yang harus Moms lakukan.

Diabetes saat hamil

Diabetes adalah komplikasi kehamilan yang umum terjadi. Diabetes bisa disebabkan oleh penyakit bawaan sejak sebelum hamil atau bisa juga karena pengaturan pola makan yang salah sebelum dan selama kehamilan. Jika Moms menderita penyakit diabetes maka buang air kecil akan semakin sering Moms lakukan sebagai usaha tubuh untuk mensekresi gula melalui ginjal.

Nah, jika Moms rasa sering buang air kecil ketika hamil itu mengganggu, Moms bisa mengurangi intensitasnya dengan melakukan latihan fisik, senam kegel, kurangi konsumsi kafein dan menyilangkan kaki ketika bersin, tertawa atau batuk. Kontrol berat badan saat hamil juga harus Moms lakukan karena obesitas juga merupakan salah satu penyebab sering buang air kecil saat hamil.