Apa Penyebab Rambut Menjadi Lebih Tebal Saat Hamil?

Merries Insight
26 November 2015
Umum
Share
Apa Penyebab Rambut Menjadi Lebih Tebal Saat Hamil?

Ada beberapa hadiah yang akan diterima oleh Ibu hamil terkait kecantikan fisik, dari mulai kulit yang menjadi halus dan bercahaya, payudara dan bokong yang semakin besar dan seksi, gairah seks yang memuncak, dan tentu saja rambut yang menjadi lebih lebat dan lembut. Kenapa bisa seperti ini?

Seperti dilansir dalam Parenting, selama masa kehamilan, rambut anda akan cenderung berada dalam fase istirahat. Dengan kata lain, dalam kondisi norma biasanya akan ada beberapa helai rambut yang rontok, baik ketika keramas atau ketika menyisir rambut.

Tapi ketika anda dalam masa kehamilan, proses ini akan berhenti. Hal inilah yang akhirnya akan membuat rambut anda menjadi lebih tebal. Tapi lucunya, beberapa Ibu hamil pun akan menemukan tetumbuhan rambat yang sangat pesat, bahkan pertumbuhan ini bisa terjadi di beberapa daerah yang tidak biasa, contohnya seperti kumis, dagu, payudara dan lainnya.

Tapi jangan khawatir, kondisi ini normal kok! Rambut-rambut tersebut nantinya akan rontok sendirinya sekitar 6 bulan pasca persalinan, yakni ketika hormon-hormon yang selama kehamilan meningkat, kembali ke kadar normal. Hal ini pun akan dialami rambut, di mana fase istirahat rambut ini akan berakhir, dan kerontokan rutin harian pun akan terjadi kembali.

Bagaimana agar rambut tetap sehat selama masa kehamilan?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kondisi rambut ini tetap sehat, terutama untuk menjaga kondisi Moms dan janin dalam kandungan tetap sehat, yakni dengan cara :

  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Usahakan untuk tidak menarik rambut. Sebaiknya gunakan sisir atau sikat rambut bergigi jarang.
  • Kurangi penggunaan pengering rambut atau hair dryer. Kalau ingin mengeringkan rambut pasca keramas, sebaiknya gunakan handuk atau gunakan hair dryer dalam mode cool.
  • Hari-hari dalam memilih tatanan rambut. Jika ingin lebih santai, Moms disarankan untuk memotong rambut pendek. Selain untuk menghindari panas, rambut pendek pun akan memudahkan Moms dalam upaya perawatan.
  • Lakukan olahraga ringan, atau olahraga khusus untuk ibu hamil.

Semoga dengan cara-cara di atas, penampilan Moms lebih terlihat cantik, agar perut buncit ini tidak mengurangi kecantikan dan keseksian Moms. Selamat mencoba!