Anak Juga Mengalami Gangguan Tidur Lho. Mau Tahu Apa Saja?

Anak Juga Mengalami Gangguan Tidur Lho. Mau Tahu Apa Saja?

Artikel ini meliputi:

  • Berapa Idealnya Kebutuhan Tidur Si Kecil?
  • Waktu Terbaik Si Kecil Berangkat Tidur
  • Bagaimana Cara Agar Waktu Tidur Si Kecil Maksimal?
  • Waspada Dengan Gangguan Tidur Pada Anak

Tidak beda jauh dengan orang dewasa, Si Kecil membutuhkan tidur sebagai cara terbaik untuk beristirahat. Bahkan bagi anak-anak, tidur merupakan cara terbaik untuk meraih puncak pertumbuhannya, termasuk untuk memaksimalkan pertumbuhan otaknya.

Sebaliknya, saat Si Kecil tidak mendapat waktu tidur yang cukup, tidak hanya masalah kesehatan dan pertumbuhan saja, kondisi ini menyebabkan Si Kecil cenderung rewel. Makanya, mendapatkan waktu tidur terbaik merupakan hal yang harus dipenuhi oleh Si Kecil.

Berapa Idealnya Kebutuhan Tidur Si Kecil?

Mengenai kebutuhan tidur ideal bagi Si Kecil, The American Academy of Sleep Medicine merilis pedoman tidur berikut ini :

  • Usia 0-1 tahun, membutuhkan waktu tidur 14 s/d 15 jam, terdiri dari 8 jam tidur malam, dan 6 s/d 7 jam di siang hari.
  • Usia 1- 3 tahun, membutuhkan waktu tidur 12 s/d 14 jam, terdiri dari 11 jam tidur malam, dan 2 s/d 3 jam di siang hari.
  • Usia 4-6 tahun, membutuhkan waktu tidur 11 s/d 13 jam, terdiri dari 10 s/d 11 jam tidur malam, dan 2 jam di siang hari.
  • Usia 7-12 tahun, membutuhkan waktu tidur 10 s/d 11 jam, terdiri dari 8 s/d 9 jam tidur malam, dan 2 jam di siang hari.

Untuk memenuhi waktu tidur Si Kecil, sebaiknya lakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Mandikan Si Kecil dengan air hangat di sore hari.
  • Pastikan suasana kamar nyaman, tidak berisik dan suhu ideal sekitar 27 derajat celcius atau sesuai dengan kebiasaan Si Kecil.
  • Menyusui Si Kecil sebelum tidur.
  • Jauhkan hal-hal yang bisa membuat Si Kecil terganggu, seperti suara berisik dan lainnya.
  • Gunakan diapers Merries yang memiliki daya serap tinggi.

Jika langkah-langkah di atas belum juga membuat Si Kecil memenuhi waktu tidurnya ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter anak.

Waktu Terbaik Si Kecil Berangkat Tidur

Mengenai waktu tidur Si Kecil untuk tidur, Harriet Hiscock, associate professor di Murdoch Childrens Research Institute, Australia, menyebut jika waktu tidur ideal bagi Si Kecil terbagi menjadi beberapa kategori, sesuai dengan rekomendasi The American Academy of Sleep Medicine:

  • Usia 0-1 tahun, direkomendasikan tidur jam 19.00.
  • Usia 1- 3 tahun, direkomendasikan tidur jam 19.30.
  • Usia 4-6 tahun, direkomendasikan tidur jam 20.00.

Tidur sesuai dengan jam yang direkomendasikan di atas akan membuat Si Kecil punya waktu tidur yang cukup dan bisa bangun pagi dengan tubuh yang segar. Moms tentu ingin Si Kecil bangun pagi tiap hari dengan tubuh yang segar kan? Karena itu pastikan ia punya waktu tidur yang cukup tiap hari.

Bagaimana Cara Agar Waktu Tidur Si Kecil Maksimal?

Agar waktu tidur Si Kecil lebih maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Lebih jauh lagi, beberapa hal berikut ini harus dijadikan sebagai kebiasaan dan wajib dilakukan setiap hari. Berikut merupakan beberapa trik agar waktu tidur Si Kecil lebih maksimal.

  1. Biasakan Si Kecil untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Ingat Moms, aturan ini berlaku juga saat Si Kecil liburan atau di akhir pekan agar mereka terbiasa tidur dan bangun tepat waktu.
  2. Anda bisa melakukan beberapa trik khusus untuk mengajak Si Kecil tidur, dari mulai mendongeng atau melakukan kegiatan lainnya yang menyenangkan. Hal ini dilakukan agar Si Kecil terbiasa tidur tepat waktu, tanpa harus disuruh atau dipaksa.
  3. Bantu Si Kecil untuk mengundang rasa kantuknya dengan mandi air hangat. Cara ini efektif untuk melancarkan sistem peredaran darahnya, memberi rasa tenang, nyaman, dan mengundang kantuk lebih cepat datang.
  4. Jauhkan Si Kecil dari asupan minuman yang mengandung kafein, termasuk cokelat, kopi, teh, dan minuman bersoda. Pasalnya, kandungan kafein bisa membuat Si Kecil susah tidur.
  5. Pastikan suasana kamar tidur Si Kecil agak gelap dan tenang. Selain itu, jauhkan Si Kecil dari hal-hal yang bisa membuat kualitas tidurnya terganggu, termasuk suara bising yang keluar dari televisi dan lainnya.

Perlu diingat, memenuhi waktu tidur yang dibutuhkan Si Kecil akan membuat pertumbuhannya lebih maksimal, baik pertumbuhan fisik ataupun otaknya. Moms tentu tidak ingin Si Kecil terganggu pertumbuhannya kan?

Waspada Dengan Gangguan Tidur Pada Anak


Sama seperti orang dewasa, Si Kecil pun kerap mengalami gangguan tidur. Walaupun begitu, penyebab gangguan tidur Si Kecil tentu berbeda dengan gangguan tidur yang kerap menimpa orang dewasa. Mau tahu apa saja? Simak yuk beberapa gangguan tidur bagi anak, seperti dilansir dalam parenting.co.id!

  1. Dotnya terjatuh

Menurut Kim West, penulis buku The Sleep Lady’s Good Night, Sleep Tight, sekaligus dokter anak dan pakar tidur, menyebutkan jika Si Kecil terkadang terbangun hanya karena dot atau empeng-nya terjatuh. Tidak jarang kondisi ini membuat mereka menangis hingga waktu tidurnya sedikit terganggu.

Si Kecil yang tidur bersama dotnya sendiri umumnya sudah memasuki usia 6 s/ 7 bulan. Dalam usia ini, Si Kecil sudah nyaman dengan dot atau empeng, tapi belum bisa memperbaiki posisi dotnya saat terjatuh.

  1. Jarang tidur siang

Biasanya, ketika siang hari tidak tidur, Si Kecil akan cenderung tidur lebih lelap di malam hari. Tapi menurut Jodi Mindell, Ph.D., penulis buku Sleeping Through the Night sekaligus associate director dari Sleep Center di Children’s Hospital of Philadelphia, faktanya tidak demikian.

Si Kecil yang sulit tidur siang, baik karena terlalu asyik diajak main atau karena gangguan dari luar, seperti suara berisik dan lainnya, akan cenderung mengalami gangguan tidur di malam hari. Bahkan terkadang, Si Kecil akan terus melawan rasa kantuknya hingga akhirnya membuatnya jadi rewel.

Inilah yang membuat Jodi menyarankan Anda untuk memenuhi kebutuhan tidur siang Si Kecil, walaupun durasi tidurnya pendek.

  1. Diapers yang penuh

Terkadang, Si Kecil terbangun di malam hari dan sulit tidur kembali karena diapersnya yang sudah penuh, hingga membuatnya merasa tidak nyaman, gatal dan lainnya.

Untuk mengatasinya, gunakan produk diapers Merries, yang sudah terbukti berkualitas terbaik, mampu menampung dan menyerap cairan lebih banyak, anti bocor, lembut, dan mampu membuat permukaan kulit Si Kecil tetap kering. Selain itu, bahannya yang lembut akan membuatnya tidur lebih nyaman.

Bagaimana Moms, sudah tahu kan apa saja yang menyebabkan gangguan tidur Si Kecil? So, jangan lupa pastikan kenyamanan Si Kecil dengan setia menggunakan diapers Merries ya.