Anak Belajar Musik Lebih Mudah Hadapi Tes

Merries Insight
19 November 2015
Umum
Share
Anak Belajar Musik Lebih Mudah Hadapi Tes

Moms, ternyata musik tidak hanya mengajarkan tentang seni dan keindahan saja, tapi di luar itu, musik memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari musik, salah satunya adalah, mampu memaksimalkan pertumbuhan dan kemampuan otak si kecil.

Bahkan berdasarkan penelitian yang para ahli yang diterbitkan juga dalam jurnal Psychology of Music, menyebutkan jika anak yang belajar musik, akan cenderung berhasil ketika menjalani sebuah tes, ketimbang mereka yang tidak belajar musik.

Tidak hanya itu, sejumlah penelitian pun membuktikan jika anak-anak yang belajar memainkan alat musik, akan cenderung untuk berhasil mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan aksara, matematika, memori verbal, IQ dan berbagai hal lainnya.

Berdasarkan keterangan Joseph Piro, peneliti dari Long Island University, menyatakan jika area dalam otak yang dipanggil ketika anak belajar musik, sehingga kemampuan wilayah otak yang berhubungan dengan keterampilan membaca, memecahkan masalah, matematika, dan penalaran kata akan semakin maksimal.

Hal senada pun diungkapkan oleh Laurel Trainor, selaku dosen psikologi, neurosains dan perilaku di McMaster University Kanada, menyatakan jika belajar musik meningkatkan kemampuan si kecil secara signifikan. Laurel pun setuju jika musik disebut sebagai cara praktis memaksimalkan kemampuan otak si kecil, dan mencetaknya menjadi generasi jenius.

Tapi ada yang harus anda ketahui sebelumnya, Laurel menyatakan jika bermain alat musik mungkin akan menjadi hal yang sangat rumit, terlebih punuk mereka yang tergolong masih usia dini. Contohnya saja ketika mereka mempelajari biola, mereka akan dituntut untuk mencari tahu cara memegang dua hal yang berbeda dengan baik, sambil memusatkan perhatian kepada pengajar.

Tidak hanya itu, mereka pun akan dipaksa untuk mencoba meniru bunyi yang diciptakan oleh pengajar. Dengan demikian, secara otomatis otak si kecil akan dipaksa untuk bekerja keras untuk memaksimalkan latihan. Tapi jangan khawatir, semakin si kecil sering melakukannya, maka otak si kecil akan semakin kuat, dan kemampuan otaknya pun akan meningkat pesat.

Maka dari itu Mom, yuk sekarang kita mulai pilih-pilih sekolah musik untuk menempa jiwa seni, sekaligus memaksimalkan perkembangan otak si kecil?