Anak Belajar Melalui Lagu

Merries Insight
21 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
Anak Belajar Melalui Lagu

Anak – anak usia balita identik dengan bermain dan lagu. Mereka akan sangat senang jika diajak menyanyi sambil tepuk tangan maupun memperagakan gaya. Selain membuat mereka senang, lagu ternyata juga dapat menjadi media belajar anak. Lagu dapat membantu anak belajar banyak hal baru mulai dari mengenal lingkungan sekitar hingga berhitung. Karena itulah anak – anak di Taman Kanak – kanak (TK) banyak menghabiskan waktu belajarnya untuk bernyanyi. Lagu yang bermanfaat bagi anak untuk belajar tentu adalah lagu anak – anak. Lagu orang dewasa sebaiknya tidak diajarkan untuk anak.

Belajar Berbahasa

Lagu mengajarkan anak menguasai kosa kata yang lebih banyak. Saat menyanyikan lagu, anak akan mempelajari banyak kata – kata baru yang mungkin belum pernah mereka dengar sebelumnya. Misalnya pada lagu “Paman Datang” anak belajar memahami arti kata ‘Paman’ dan hubungannya dengan anak.

Belajar Nada dan Irama

Dengan mengikuti dan menirukan Moms bernyanyi, anak secara tidak langsung sudah mengenal nada walaupun secara teori mereka belum memahami tangga nada. Jika sejak kecil anak sudah dapat bernyanyi sesuai dengan nada, saat besar nanti suaranya juga tidak akan sumbang atau fals saat menyanyi. Untuk mengenal irama, Moms dapat mengajaknya bernyanyi sambil tepuk tangan sesuai dengan irama.

Belajar Berhitung

Lagu juga dapat mengajarkan anak untuk berhitung misalnya lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu, Balonku Ada 5, Satu Ditambah Satu dan lagu – lagu anak lainnya. Untuk memperkenalkan angka tersebut, Moms dapat menyanyi sambil memberikan arahan misalnya pada balonku ada lima, Moms dapat memberi pengertian berapa banyaknya lima dan jika balon meletus satu maka yang tersisa tinggal empat.

Belajar Nama Hari

Lagu anak-anak ‘Nama-Nama Hari’ akan membantu anak mengenal nama – nama hari mulai dari hari Senin sampai Minggu. Dengan lagu ini anak dapat belajar mengenal nama hari dengan cara yang menyenangkan.

Sebenarnya masih ada banyak hal lain Moms yang dapat dipelajari anak saat bernyanyi. Moms bisa mengajak si kecil belajar tentang transportasi dengan lagu ‘Naik Delman’, ‘Becak’, ‘Naik Kereta’, dan masih banyak lagi. Jadi selain membuat anak lebih aktif dan ceria, mereka juga bisa sambil belajar.