Anak Autis dan Kegiatan Belajar

Merries Insight
12 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Anak Autis dan Kegiatan Belajar

Sebagian besar orang tua, khususnya Moms, yang memiliki anak dengan bakat khusus berupa autis tentunya khawatir dengan masa depannya. Bagaimana anak autis belajar? Bagaimana nanti masa depannya? Apa saja yang dibutuhkan oleh anak autis untuk mendukung kegiatan belajarnya? Masih ada banyak pertanyaan lainnya seputar anak autis dan kegiatan belajar. Semoga informasi berikut menjawab sebagian besar pertanyaan yang diajukan oleh Moms.

Bagaimana dengan pendidikan anak autis?

Setiap anak penyandang autism memiliki hambatan dan permasalahan yang berbeda-beda. Ada anak autis yang dapat berinteraksi dan berbaur dengan anak-anak normal lainnya dan ada juga yang tidak. Nah, untuk anak autis yang sulit berinteraksi dan berbaur dengan anak-anak normal biasanya disarankan untuk mengikuti kelas khusus yang disebut dengan kelas terpadu. Kelas terpadu adalah kelas persiapan dan pengenalan untuk anak-anak autis sebelum masuk ke sekolah umum. Kelas terpadu ini memiliki jumlah tenaga pengajar yang lebih banyak dan fasilitas seperti gambar, kartu, dan instruksi yang jelas, detail, konsisten, dan padat.

Metode belajar apa yang tepat untuk anak autis?

Metode belajar khusus anak autis biasanya nanti akan disesuaikan dengan usia anak autis tersebut. Selain usia, faktor lain yang menjadi pertimbangan penentuan metode belajar antara lain hambatan dan kemampuan yang dimiliki oleh anak tersebut. Metode pembelajaran khusus untuk anak autis biasanya berupa metode kombinasi dari banyak metode. Karena sebagian besar anak autis merespon baik media-media bergambar, para pengajar kemudian menjadikan media bergambar sebagai salah satu alat dalam metode belajar anak-anak autis.

Apa kriteria pengajar yang tepat untuk anak autis?

Baca Juga

Hujan? Lakukan Kegiatan-Kegiatan Seru Ini Bersama Si Kecil di Rumah!

Olahraga Bersama Saat Weekend, Kegiatan Kaya Manfaat Antara Dads dan Si Kecil

3 Kegiatan Alternatif yang Menyenangkan Bagi Anak Selain Nonton TV

Tentunya pengajar yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus autis ini adalah mereka yang memiliki kompetensi yang cukup untuk menangani segala permasalahan dan hambatan yang dimiliki oleh siswa autis. Mereka juga harus mempunyai minat untuk masuk ke dalam dunia anak autis serta memiliki kesabaran.

Suasana belajar seperti apa dan hal apa saja yang diajarkan pada anak autis?

Soal suasana belajar yang dibutuhkan oleh anak autis sebenarnya tergantung pada kemampuan dan gaya belajar dari anak tersebut. Ada anak autis yang hasil belajarnya bagus ketika belajar bersama atau berbaur dengan anak-anak normal dan ada juga yang sebaliknya. Kemudian soal hal apa saja yang diajarkan pada anak-anak autis biasanya lebih kepada hal-hal dasar seperti cara berkomunikasi, bantu diri, cara berperilaku yang pantas di depan umum, kemudian selanjutnya baru diajarkan hal-hal lainnya yang lebih detail sesuai dengan usianya.