Amankah Minum Obat Saat Hamil?

Merries Insight
10 Desember 2014
Kesehatan
Share
Amankah Minum Obat Saat Hamil?

Ketika hamil, Moms pastinya akan memberi perhatian lebih terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan tubuh Moms sendiri karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap janin yang ada dalam kandungan Moms. Tidak bisa dipungkiri bahwa Moms juga harus harus berhati-hati terhadap segala hal yang Moms konsumsi karena baik maupun buruknya akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Moms tidak bisa lagi sembarangan mengonsumsi obat selama masa kehamilan karena obat tersebut tidak hanya akan masuk ke dalam tubuh Moms melainkan juga ke dalam tubuh janin. Terkadang Moms memang membutuhkan obat untuk beberapa kondisi, misalnya untuk meredakan rasa sakit. Akan tetapi, Moms wajib berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumi obat. Pun jika Moms akan mengonsumsi obat yang bebas dijual di pasaran, Moms sebaiknya tak lupa membaca indikasi medis yang tertera di dalam kemasan.

Hindari Obat Ini pada Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama kehamilan boleh dikatakan sebagai masa rentan kehamilan. Selama periode ini khususnya sebelum hari ke-17, Moms sebaiknya menghindari konsumsi obat-obatan hormon berupa pil KB, obat oral turunan sulfonil urea untuk penderita diabetes, antibiotika yang termasuk dalam golongan sulfat, maupun jenis antibiotik lain. Jika Moms nekat mengonsumsi obat-obatan tersebut selama trimester pertama kehamilan, risiko terburuk yang harus Moms hadapi adalah kematian pada janin.

Hindari Selama Kehamilan

Pada dasarnya, kondisi tubuh Moms benar-benar mengalami perubahan selama masa kehamilan. Selama itu, Moms sama sekali tidak boleh mengonsumsi obat secara sembarangan. Sebaiknya Moms menghindari konsumsi obat antibiotika yang termasuk dalam golongan doxycline, tetraclyine, kanamycin, dan streptomycin. Selain itu, Moms juga perlu menghindari obat yang termasuk dalam golongan antihistamin dan obat anti pembekuan darah. Jika dikonsumsi, obat tersebut memang hanya berpeluang kecil menjadi sebab cacat bawaan. Namun demikian, tetap saja bisa mengakibatkan perubahan proses pertumbuhan dan fungsi organ maupun jaringan yang telah normal terbentuk.

Resiko Mengkonsumsi Obat

Baca Juga

Amankah Memberi Obat Tetes Pada Anak yang Masih Bayi?

Pakai Make-Up saat Hamil, Amankah?

Moms, punya tips atau cara mengatasi flu Si Kecil tanpa obat? Share dong karena kasihan kalau tiap kena flu ia harus selalu minum obat.

Moms perlu tahu bahwa janin sangat rentan terhadap risiko cacat bawaan pada usia kehamilan 17 hingga 57 hari. Oleh sebab itu, Moms wajib berhati-hati mengkonsumsi obat jika tidak ingin mengalami cacat bawaan pada janin, keguguran, atau bahkan cacat yang baru bisa terlihat kelak.