Alasan Ilmiah Pergi ke Taman Bermain Pengaruhi Kecerdasan Si Kecil

Merries Insight
16 Oktober 2019
Tumbuh Kembang
Share
Alasan Ilmiah Pergi ke Taman Bermain Pengaruhi Kecerdasan Si Kecil

Artikel ini berisi tentang :

  1. Si Kecil Mengenal Lingkungan Baru
  2. Membuat Si Kecil Lebih Bahagia
  3. Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi
  4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Menghabiskan waktu liburan di taman bermain merupakan salah satu momen menyenangkan bagi anak-anak, sekaligus merupakan family time terbaik yang pernah dialami mereka. Tapi tidak hanya itu, ternyata momen liburan di taman bermain pun bisa meningkatkan kecerdasan Si Kecil lho.

Mau tahu alasannya? Berikut merupakan alasan ilmiah kenapa pergi liburan ke taman bermain bisa pengaruhi kecerdasan Si kecil.

Si Kecil Mengenal Lingkungan Baru

Taman bermain merupakan salah satu tempat terbaik untuk mengenalkan Si Kecil pada lingkungan baru. Disana banyak wahana menyenangkan yang bisa dipilih, dari mulai bermain di kolam renang, hingga spot khusus untuk mengenal alam dan binatang yang jarang mereka jumpai.

Selain menyenangkan, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association pada tahun 2005, menyebut jika anak-anak yang dibiarkan bermain di alam dan mengenal lingkungan baru, akan tumbuh jadi anak yang lebih cerdas.

Hal ini disebabkan karena saat melihat hal-hal yang baru ditemuinya, Si Kecil akan berpikir jika dunia tidak sekecil yang dibayangkan. Banyak hal baru yang belum diketahuinya, sehingga dia pun akan lebih aktif bertanya terkait hal-hal yang membuatnya penasaran.

Mereka pun akan terus membayangkan hal menakjubkan lainnya yang bisa mereka temui di lingkungan sekitar, sehingga kondisi ini akan mendorong Si Kecil untuk terus belajar dan bertanya. Lalu, bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Si Kecil agar si kecil mudah mengerti? Usahakan posisi wajah Moms sejajar dengan posisi wajah Si Kecil, dengarkan ia berbicara sampai selesai baru kemudian menjawabnya dengan santun dan dengan penjelasan yang sederhana.

Membuat Si Kecil Lebih Bahagia

Jalan-jalan bersama keluarga merupakan momen indah yang akan selalu dikenang Si Kecil. Selain bahagia karena bisa menghabiskan banyak waktu bersama keluarga tercinta, mereka pun akan menemukan banyak hal baru yang belum pernah dibayangkan sebelumnya, misalnya wahana bermain air, dan berbagai wahana menarik lainnya khas taman bermain.

Nah kebahagiaan ini tidak hanya akan menyimpan memori indah, tapi juga akan meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Free University of Bozen Bolzano, Italia.

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti mengklaim jika otak akan cenderung bekerja lebih ringan saat bahagia, sehingga lebih mudah menyimpan informasi dan menjaganya lebih lama. Hal inilah mereka cenderung lebih pintar dan memiliki ingatan yang kuat.

Atas dasar penelitian ini, banyak pakar yang kemudian menyarankan agar Moms lebih banyak memberikan momen-momen indah untuk diingat Si Kecil. Tidak hanya dengan liburan, tapi juga dengan menyediakan waktu yang berkualitas bagi mereka.

Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi

Anak usia 1-5 tahun masih belum mampu mengembangkan kapasitas berpikir secara konkret. Inilah yang membuat Moms harus memfasilitasi Si Kecil agar bereksplorasi dan menemukan hal-hal yang baru. (oleh Ratih Andjayani Ibrahim MM, Psi. Psikolog anak dan keluarga dari  Personal Growth)

Ketika menemukan hal-hal yang baru, imajinasinya akan berkembang, kemudian dikaitkan dengan peristiwa yang mungkin akan dialaminya. Misalnya saat bermain ke wahana giant aquarium, dia akan membayangkan itulah gambaran kehidupan di dalam lautan, bersih dan dipenuhi ikan yang indah.

Atau saat bertemu dengan robot cosplay, dia mungkin akan berpikir jika sosok tersebut benar-benar nyata. Alhasil, saat pulang ke rumah mungkin dia akan mengambil beberapa potongan kardus, dan menjadikan dirinya sebagai sosok robot cosplay yang pernah dia lihat.

Hal-hal semacam inilah yang akan merangsang imajinasi dan kreativitas Si Kecil. Seperti kita ketahui, kreativitas dan imajinasi merupakan faktor penting untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Setelah pulang mengunjungi tempat yang baru dia lihat, Si Kecil pun akan bercerita tentang apa yang dilihatnya dan dirasakannya. Dia pun merasa bangga karena punya pengalaman yang mungkin tidak akan pernah dirasakan anak-anak lainnya.

Mengingat dan meramu cerita bukanlah pekerjaan mudah, apalagi Si Kecil harus menjabarkan apa yang dilihat dan dirasakannya dalam bentuk cerita sehingga orang yang mendengarnya bisa sedikit merasakan apa yang dialami Si Kecil.

Proses ini ternyata tidak mudah Moms, butuh kecerdasan dan kepercayaan diri yang tinggi untuk melakukannya. Hal inilah yang akan mendorong Si Kecil jadi anak yang lebih cerdas.

Selain itu, keyakinan jika apa yang dia dapatkan belum tentu didapatkan anak lainnya, akan membuatnya merasa sangat percaya diri. Banyak penelitian yang membuktikan jika rasa percaya diri akan membantu Si Kecil memaksimalkan tumbuh kembangnya, dan berprestasi di bidang akademik.