Ajak Si Kecil Berani Naik Sepeda

Merries Insight
21 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Ajak Si Kecil Berani Naik Sepeda

Olahraga adalah kegiatan fisik yang menyehatkan bagi si kecil. Pertumbuhan fisik harus ditunjang dengan olahraga yang tepat. Ajarkan si kecil untuk giat berolahraga. Si kecil memang anak yang selalu aktif. Belum olahraga, setiap gerakan yang si kecil lakukan sudah termasuk olahraga.

Bersepeda adalah olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Usia si kecil yang baru menginjak tiga tahun maka sepeda roda tiga dapat digunakan. Beranjak usia empat tahun bahkan lima tahun, kurang pantas memakai sepeda roda tiga. Moms harus latih si kecil untuk memakai sepeda roda dua. Tujuan penting adalah untuk melatih keseimbangan tubuh si kecil dalam olahraga sepeda.

Memang sulit dari pertama memakai sepeda roda tiga lalu berganti sepeda roda dua. Moms harus yakinkan si kecil untuk tidak takut mencoba. Berikanlah si kecil motivasi untuk mau belajar sepeda roda dua. Jelaskan kepada si kecil memakai sepeda roda dua jauh lebih mudah dan menyenangkan dibanding sepeda roda tiga. Moms perlu mendampingi si kecil untuk tahap awal belajar sepeda.

Pegangi sepeda dan si kecil. Arahkan si kecil untuk mengayuh sepeda. Latih si kecil dengan mencoba melepaskan pegangan Moms. Lihat apakah si kecil mampu menyeimbangkan diri ketika mengayuh. Jika si kecil masih sering jatuh maka jangan memarahi. Terus berikan motivasi sampai si kecil mampu untuk mengayuh sepeda roda dua seorang diri. Semakin terbiasa berlatih apalagi melihat teman-teman yang sudah jago memakai sepeda, si kecil akan semakin bersemangat. Akhirnya, si kecil sudah mahir bersepeda menggunakan roda dua.

Semakin bangga ketika si kecil yang baru berusia empat tahun sudah mahir mengayuh sepeda roda dua. Kenakan si kecil dengan pakian yang lengkap ketika hendak bersepeda, seperti alat keamanan berupa helm atau pelindung lutut bila diperlukan. Jangan lupa juga mengenakan popok Merries. Berapa lama pun si kecil bersepeda, maka celana tidak akan basah saat ia buang air kecil. Tekanan pada bagian sadel sepeda tidak membuat kerapatan Merries kendor. Si kecil akan tetap bebas bergerak karena popok Merries didesain dalam bentuk celana yang nyaman.