Agar Balita Siap Lepas Popok

Merries Insight
06 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Agar Balita Siap Lepas Popok

Para Ibu mungkin bertanya – tanya dan bingung tentang kapan sih waktu terbaik balita untuk melepaskan popoknya. Yuk Moms, pelajari cara anak belajar menggunakan toilet. Pada usia 2 – 3 tahun, anak dapat diajarkan potty training. Pasalnya pada usia ini anak telah menunjukkan kesiapan menggunakan toilet. Berikut ini adalah beberapa tanda anak siap untuk melepas popok.

Anak tahu bahwa dia memakai popok kotor dan mengiginkan popok yang baru

Anak sudah mampu menunjukkan lewat ekspresinya kapan dia ingin buang air besar, mempunyai waktu buang air besar teratur, dan memahami arahan simpel dari Moms serta senang meletakkan barang – barang di tempatnya kembali tetapi Moms, jika si kecil belum siap untuk melepas popok, anak akan menunjukkan beberapa gejala yaitu:

Anak sering mengeluh sakit ketika ia tidak menggunakan popok

Moms sering merasa kesulitan saat mengajarkan potty training pada anak. Moms juga perlu tahu juga saat ada kejadian yang cukup besar di rumah misalnya punya adik baru atau pindah rumah, anak biasanya akan lebih sulit untuk belajar potty training. Pasalnya fokus anak terpecah belah. Supaya si kecil merasa tertarik untuk belajar buang air secara mandiri, cobalah minta si kecil duduk di atas kloset dengan ukuran yang sesuai sehingga anak dapat merasakan pengalaman menggunakan toilet. Temanilah anak dan perlihatkan bagaimana cara kerja kloset.

Tidak hanya itu saja, ada juga cara yang lain yang dapat membantu meningkatkan rasa tertarik anak menggunakan toilet sendiri yakni memberi pelukan pada anak tiap ia sukses pergi ke toilet karena keinginannya sendiri. Selain itu jangan lupa untuk memuji keberhasilannya.