Adakah Cara Alami untuk Ringankan Nyeri saat Bersalin?

Merries Insight
11 Juli 2016
Kesehatan
Share
Adakah Cara Alami untuk Ringankan Nyeri saat Bersalin?

Sensasi nyeri selama proses melahirkan merupakan salah satu hal yang akan dialami wanita. Namun, rasa sakit tersebut malah membuat ibu hamil takut dan semakin stres saat hari persalinan semakin dekat. Padahal, Moms harus tetap relaks agar proses penting ini berjalan lancar dan selamat. Moms juga tidak membutuhkan obat-obatan medis untuk mengurangi rasa sakit. Sebab, beberapa cara alami di bawah ini dapat diterapkan sendiri.

Memijat Tubuh

Pijatan adalah metode termudah yang bisa Moms lakukan. Bagian-bagian tubuh yang patut memperoleh pijitan meliputi bagian bawah punggung dan bahu. Selain menenangkan, pijatan di bagian-bagian itu bisa mengurangi sensasi sakit sejak Mom mengalami kontraksi. Bahkan dapat memicu hormon endorfin untuk keluar dan membuat Moms merasa lebih baik. Moms bisa meminta bantuan pasangan atau perawat untuk memijat beberapa bagian tubuh sebelum melahirkan.

Beri Kehangatan

Rasa hangat sanggup mengusir rasa gugup yang Moms rasakan saat akan melahirkan. Ada banyak cara untuk mendapatkan kehangatan tersebut. Misalnya dengan mengompres tubuh dengan botol air hangat yang dilapisi handuk. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa menempelkan benda hangat ke tubuh bisa membuat otot relaks dan menurunkan sensasi nyeri. Pastikan Moms juga nyaman dengan temperatur yang dihantarkan oleh botol tersebut.

Melatih Pernapasan

Melatih pernapasan sangat penting bagi wanita yang hendak melahirkan. Moms akan mendapatkan banyak manfaat dari metode ini; mulai dari mengurangi sensasi nyeri dari kontraksi, menghemat tenaga, hingga menenangkan pikiran. Moms hanya perlu menarik napas yang dalam dari hidung, lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan berkali-kali secara teratur hingga Moms merasa relaks dan rasa sakit menjelang persalinan berangsur hilang.

Mengubah Posisi

Ibu hamil atau menjelang melahirkan harus sering bergerak. Bukan hanya menghilangkan rasa bosan, tetapi juga untuk mencegah rasa sakit dan pegal-pegal pada tubuh. Ada banyak posisi yang dapat Moms praktikan menjelan melahirkan. Antara lain dengan melakukan senam khusus ibu hamil dengan bantuan bola dan pasangan, melakukan gerakan di bagian pinggul, menungging kalau punggung mulai terasa sakit, dan menghindari posisi terlentang.

Waterbirth

Salah satu metode yang sedang tren di kalangan ibu-ibu hamil Indonesia adalah waterbirth (melahirkan di dalam air). Cara ini dinilai dapat mengurangi rasa sakit saat sedang bersalin dan membuat Moms jadi lebih relaks. Sebuah studi juga menyatakan bahwa wanita yang mengambil metode waterbirth tidak perlu memakai obat pereda sakit dan bius terlalu banyak. Namun, Moms perlu mendiskusikannya terlebih dulu dengan dokter untuk menjaga keselamatan kandungan.

Dads juga harus senantiasa menjaga Moms yang hendak bersalin. Kehadiran pasangan amat membantu Moms untuk melahirkan dengan nyaman dan aman.