7 Makanan Yang Merangsang Kecerdasan Anak

Merries Insight
26 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
7 Makanan Yang Merangsang Kecerdasan Anak

Makanan merupakan sumber asupan nutrisi yang akan didapatkan oleh seseorang. Masa pertumbuhan merupakan salah satu masa dimana asupan nutrisi yang berkualitas sangat dibutuhkan. Beberapa jenis bahan makanan memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna dalam mendukung pertumbuhan fisik dan juga otak untuk mendapatkan kecerdasan yang lebih. Berikut ini beberapa makanan yang mampu merangsang dan meningkatkan kecerdasan anak yang berada dalam masa pertumbuhan.

  1. Ikan salmon merupakan bahan makanan yang mengandung asam omega 3 yang berguna dalam mengoptimalkan perkembangan fungsi dan pertumbuhan otak. Kandungan DHA dan EPA dalam daging ikan salmon juga sangat berguna dalam meningkatkan kecerdasan anak yang tengah berada dalam masa pertumbuhan.
  1. Kacang tanah merupakan bahan makanan lain yang dapat merangsang kecerdasan dan membantu pertumbuhan serta perkembangan otak anak. Kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan akan memberi perlindungan bagi membran sel syaraf yang tengah tumbuh. Kandungan nutrisi lain di dalam kacang yang juga tidak kalah berguna bagi perkembangan otak adalah thiamin.
  1. Telur merupakan sumber nutrisi yang mudah ditemui serta memiliki harga terjangkau, moms dapat menyediakan menu telur dalam menu harian anak untuk mendapatkan kecukupan protein dan kolin yang berguna mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak serta membantu memori anak dalam berkembang.
  1. Oatmeal yang merupakan salah satu bahan dasar dari berbagai produk sereal juga memberi banyak kontribusi nutrisi penting bagi perkembangan kecerdasan anak selain memberikan suplai energi untuk melakukan berbagai kegiatan fisik. Oatmeal mengandung serat, vitamin B dan E serta mineral berupa kalium dan sen yang membantu tubuh dan otak tumbuh dengan optimal.
  1. Bijian utuh atau whole grain juga merupakan bahan makanan penting bagi pertumbungan otak dan perkembangan kecerdasan anak. Moms dapat memasukan bahan makanan ini dalam berbagai menu untuk mendapatkan cukup asupan vitamin B yang berguna menjaga kesehatan syaraf.
  1. Buah – buahan dan sayuran tidak dapat dipungkiri merupakan sumber nutrisi berupa berbagai macam vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa buah dan sayur memiliki kandungan vitamin tertentu yang lebih tinggi seperti Berri yang memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan tinggi, buah ini juga memberi kontribusi besar dalam meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat.
  1. Produk susu berupa susu segar ataupun olahan seperti yoghurt memiliki kandungan protein tinggi serta vitamin B yang penting untuk mendukung pertumbuhan jaringan

Moms dapat merancang variasi menu makanan dengan memasukkan sumber – sumber nutrisi penting tersebut guna memaksimalkan asupan nutrisi – nutrisi penting yang dibutuhkan anak untuk mendapatkan perkembangan otak dan kecerdasan yang optimal.