7 Cara Melatih Anak Tidur Sendiri

Merries Insight
14 Oktober 2014
Kesehatan
Share
7 Cara Melatih Anak Tidur Sendiri

Usia anak yang masih menginjak di bawah tiga tahun tentu masih tidur bersama Moms. Tidak masalah karena anak masih menginginkan perlindungan dari orangtua mereka. Perlu diperhatikan, usia anak yang hendak memasuki sekolah kebiasaan tidur harus diubah. Usia empat tahun adalah usia anak mulai mampu menyesuaikan lingkungan.

Termasuk kebiasaan dalam tidur anak dapat mulai Moms ubah. Arahkan anak untuk mau tidur sendiri saat usia empat tahun atau ketika akan memasuki jenjang sekolah. Latih anak Moms untuk berani tidur sendiri. Cara mudah dapat Moms lakukan melalui beberapa hal berikut.

1. Siapkan kamar tidur khusus anak

Siapkan kamar tidur anak dan hiasi kamar anak Moms sesuai masa usia anak.

2. Libatkan anak untuk ikut mendekor kamarnya

Ajak anak Moms untuk ikut mendesain kamar anak. Baik dari segi interior sampai penataan desain kamar anak. Berikan nuansa kamar anak yang digemari anak Moms. Pilihkan warna cat dinding kamar anak sesuai warna kesuakaan anak Moms.

3. Berikan hiasan dan mainan yang digemari oleh anak

Anak Moms suka boneka maka berikan boneka. Anak Moms suka robot atau mainan yang lain maka harus Moms berikan. Melihat ada berbagai macam benda- benda kesuakaan maka anak akan mau tidur sendiri.

4. Pastikan tempat tidur nyaman untuk anak

Moms harus memilihkan tempat tidur anak yang empuk, nyaman, dan sesuai ukuran anak. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

5. Berikan dongeng sebelum tidur

Mendongeng di malam hari akan mendekatkan orang tua dengan anak. Seringkali ketika mendongeng, si kecil terlelap dengan lebih mudah. Hal ini menghindari si kecil takut di kamar sendirian ketika masih terjaga sebelum ia terlelap.

6. Biasakan anak untuk tidur dalam keadaan lampu padam

Menurut penelitian, tidur dengan lampu padam baik untuk kesehatan. Selain itu, anak menjadi semakin berani untuk tidur tanpa Moms temani. Apabila si kecil masih takut, bisa mulai dengan menggunakan lampu tidur kecil dengan nyala redup. Biasanya lampu tidur seperti ini tersedia dengan hiasan-hiasan lucu yang dapat disukai si kecil.

7. Pakaikan popok berkualitas

Kenyamanan saat anak tidur sendiri penting untuk Moms ciptakan. Pakaikan popok Merries sebagai pelindung rasa nyaman anak Moms. Anak tidak akan mudah terbangun hanya gara-gara buang air kecil. Karena popok bayi Merries dapat menyerap buang air kecil anak dengan cepat dan meresap kuat. Sampai pagi hari anak akan tidur pulas tanpa terganggu popok yang bocor.