6 Trik Jitu Menggunting Kuku Si Kecil dengan Mudah, Aman dan Menyenangkan

6 Trik Jitu Menggunting Kuku Si Kecil dengan Mudah, Aman dan Menyenangkan

Kebersihan kuku Si Kecil menjadi salah satu bagian penting yang wajib untuk diperhatikan. Karena dengan kebersihan kuku, maka kebersihan bagian tubuh lainnya pun sudah tentu berada dalam keadaan yang bersih pula. Pada dasarnya membersihkan kuku Si Kecil memang terasa sulit untuk dilakukan. Itulah sebabnya, dalam artikel yang satu ini akan dijelaskan mengenai 6 langkah tepat dari Trik Jitu Menggunting Kuku Si Kecil dengan lebih mudah dan tetap aman, diantaranya :

Gunakan gunting kuku khusus untuk Si Kecil

Gunting khusus yang dapat Moms gunakan ini umumnya memiliki bentuk yang lebih melengkung, sehingga proses menggunting kuku pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Tidak hanya itu saja, gunting ini jauh lebih aman, sehingga resiko cedera pun dapat diperkecil melalui penggunaannya yang tepat.

Gunting Kuku Si Kecil tepat saat ia tidur atau setelah mandi

Ketika tidur, Si Kecil tidak banyak melakukan gerakan, Itulah sebabnya proses menggunting kuku pun dapat Moms lakukan dengan lebih mudah. sedangkan untuk menggunting kuku setelah mandi umumnya berkaitan dengan kondisi kuku Si Kecil yang masih berada dalam keadaan lunak akibat terkena air mandi tadi.

Menggunting secara perlahan

Apabila tangan Si Kecil masih mengepal, maka cobalah untuk membukanya secara perlahan. Setelah itu jika pada bagian kuku terdapat kotoran, maka Moms pun dapat membersihkannya dengan menggunakan cotton buds yang dicelupkan pada bagian air terlebih dahulu.

Mengikuti lekuk jari

Dalam melakukan pemotongan kuku jari Si Kecil, pastikanlah untuk membentuk kurva terlebih dahulu, dan kemudian diiringi dengan membentuknya sesuai lekuk jari. Cara pemotongan kuku tadi berbeda untuk jenis kuku bagian kaki, yang mana sebaiknya dilakukan dengan bentuk potongan lurus. Pastikan pula agar tidak mengguntingnya terlalu pendek.

Hindari pengguntingan kuku Si Kecil terlalu dalam

Menggunting kuku Si Kecil terlalu dalam hanya akan membuatnya terluka. Hal ini sangat penting untuk dihindari ya Moms! Karena jika terluka, maka dapat menimbulkan infeksi atau bahkan cantengan pada bagian kuku jari di kecil.

Melakukan interaksi

Tips lain yang dapat dilakukan untuk menggunting kuku jari Si Kecil dengan lebih mudah, adalah mengajaknya bernyanyi atau bahkan menceritakan sesuatu hal padanya sambil melakukan proses pengguntingan kuku. Karena interaksi yang baik dapat menghilangkan rasa takut pada Si Kecil ketika Moms mulai menggunting kukunya.