6 Mitos Menyesatkan Seputar Menyusui

Merries Insight
28 April 2014
Umum
Share
6 Mitos Menyesatkan Seputar Menyusui

Moms yang baru melahirkan sudah tentu idealnya bisa menyusui buah hatinya karena ini merupakan proses yang alami. Namun ada beberapa mitos yang berkembang seputar menyusui, yuk kita bahas Moms!

Payudara akan Kendur Akibat dari Menyusui

Fakta: Moms harus tahu bahwa kendur atau tidaknya payudara tidak ada hubungannya dengan pemberian ASI. Payudara terlihat kendur terjadi karena ketika Moms hamil, banyak hormon yang membuat payudara Moms penuh berisi ASI dan secara otomatis ukuran payudara Moms pun akan terlihat lebih besar dari biasanya. Akan tetapi pasca menyusui ukuran payudara Moms akan kembali ke ukuran semula.

Semakin Besar Payudara Moms, Maka akan Semakin Banyak juga ASI-nya

Fakta: Moms harus tahu bahwa banyak atau tidaknya ASI tidak akan ditentukan oleh besar kecilnya payudara Moms, ASI yang banyak akan ditentukan oleh seberapa banyak kelenjar pembentuk air susu payudara Moms tersebut.

Ketika ASI Sulit Keluar, maka Berikan Bayi Moms Cairan Lainnya

Fakta: Harus diakui banyak sekali Ibu muda yang mengalami kesulitan untuk menyusui di hari pertama dan mereka banyak mengeluhkan bahwa ASI-nya tidak bisa keluar. Moms tidak perlu cemas untuk masalah ini, hal tersebut karena pada hari pertama dilahirkan kebanyakan bayi masih belum memerlukan cairan tambahan dalam tubuhnya, karena di dalam tubuhnya pun masih banyak cadangan cairan yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhannya.

Menyusui akan Membuat Moms Sulit untuk Menurunkan Berat Badan

Fakta: Banyak yang percaya bahwa menyusui disebut-sebut dapat membuat nafsu makan Moms bertambah, yang mengakibatkan Moms akan sulit untuk mengatur berat badan. Moms harus tahu bahwa ketika Moms menyusui, maka timbunan lemak yang banyak terjadi pada waktu hamil akan diubah untuk menjadi energi. Justru kondisi sebaliknya akan terjadi jika Moms tidak menyusui bayi Moms.

Ketika Moms Sakit, maka Moms Tidak Boleh Menyusui

Fakta: Dalam kondisi sakit, tubuh Moms akan membuat zat kekebalan tubuh sendiri yang juga akan disalurkan kepada bayi melalui ASI. Jika Moms mengidap penyakit ringan seperti flu dan lainnya, maka penyakit tersebut masih tidak berpengaruh apa-apa walaupun Moms minum obat yang dijual di pasaran atau antibiotika dalam dosis ringan.

ASI tidak akan Mencukupi Kebutuhan Bayi yang Mempunyai Nafsu Makan yang Besar

Fakta: Tentu saja hal ini tidak benar, karena faktanya ASI akan terus keluar sesuai dengan kebutuhan bayi, bahkan untuk dua kembar yang memiliki nafsu makan yang tinggi, payudara Moms masih dapat mengimbangi kebutuhan ASI bayi Moms. Akan tetapi, nafsu makan yang tinggi akan berpengaruh kepada frekuensi buang air si kecil. Maka dari itu, Moms membutuhkan popok yang berkualitas tinggi yang mampu mengimbangi frekuensi buang air si kecil.

Merries merupakan jawaban dari pencarian Moms akan popok yang tepat. Popok Merries dibuat dengan bahan yang sangat lembut, memliki daya serap tinggi, fleksible, memiliki feces Block Gather yang akan menjaga feces supaya tidak tumpah atau merembes.

Selain itu, popok Merries juga memiliki alarm pipis yang akan memberitahu Moms kapan waktu yang tepat untuk mengganti popok. Fasilitas ini sangat diperlukan supaya bayi Moms dapat terhindar dari ruam popok dan iritasi kulit karena terlambat mengganti popok.