5 Tips Penting Agar Ibu Bekerja Full Time Sukses Menyusui

Merries Insight
02 Februari 2015
Umum
Share
5 Tips Penting Agar Ibu Bekerja Full Time Sukses Menyusui

Banyak yang mengatakan bahwa ibu yang bekerja full time cenderung gagal menyusui bayinya. Namun bukan berarti ibu yang bekerja selalu gagal menyusui karena sebenarnya jika memiliki niat yang kuat, ibu bekerja tetap dapat memberikan ASI secara optimal untuk buah hatinya. Kegagalan memberi ASI ekslusif pada bayi salah satunya disebabkan karena ibu memiliki peranan ganda sehingga ikut sibuk bekerja di luar.

Pemerintah melalui undang–undang sebenarnya sudah memberikan hak untuk ibu menyusui agar memperoleh kesempatan memberi ASI. Namun, ibu bekerja masih kurang optimal untuk memberikan ASI ekslusif karena faktor waktu cuti yang pendek, tempat kerja tidak mendukung untuk memerah ASI atau tidak ada tempat khusus untuk memerah ASI. Ibu menyusui, khususnya yang berkarir memang seharusnya memiliki trik khusus agar sukses memberikan ASI walaupun sibuk bekerja.

Menyiapkan Diri Sebelum Kembali Kerja

Setelah melahirkan, Moms dapat menyusun jadwal untuk pemberian ASI ekslusif. Pada saat mas nifas, Moms dapat memberi ASI langsung tanpa botol susu. Persiapkan diri Moms dengan berelaksasi selama 15 menit sebelum memerah ASI. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan gizi Moms dan jangan sampai stress agar tidak mengganggu kualitas ASI yang dibutuhkan oleh si kecil.

Belajar Memerah ASI

Moms dapat melatih diri untuk memerah ASI menggunakan tangan maupun pompa. Latihan perlu dimulai sejak ASI keluar pertama kali dan saat ASI terasa penuh. Selanjutnya tetapkan jadwal memerah ASI. ASI perah tersebut nantinya akan menjadi persediaan selama bayi ditinggal Moms bekerja.

Jangan Stress

Agar Moms sukses memberi ASI, perhatikan asupan makanan Moms. Pastikan Moms mengkonsumsi makanan bergizi. Selain itu hindari sress karena beban mental dan fisik akan menghambat produksi ASI sehingga kuantitas dan kualitasnya dapat menurun.

Tetap Menyusui Langsung

Sebelum Moms berangkat kerja, sempatkan waktu untuk menyusui bayi secara langsung. Dengan cara ini ikatan batin akan tetap terjalin meskipun Moms bekerja. Saat yang tepat untuk menyusui langsung adalah saat hendak berangkat kerja, pulang kerja dan saat bayi akan tidur

Persediaan ASI Perah

Saat beristirahat, Moms dapat menggunakan waktu tersebut untuk memerah ASI agar persediaan tidak sampai kehabisan. Siapkan persediaan ASI dalam freezer selama sedang bekerja. Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memerah ASI saat di kantor.