5 Kebiasaan Baik Yang Penting Diajarkan Pada Balita

Merries Insight
19 Agustus 2014
Umum
Share
5 Kebiasaan Baik Yang Penting Diajarkan Pada Balita

Ketika anak mulai diperkenalkan dengan dunia luar dengan mengikuti kegiatan pendidikan usia dini, ada baiknya mereka telah memiliki beberapa keterampilan dasar dan memiliki kebiasaan-kebiasaan baik tertentu yang akan meringankan beban guru mereka di sekolah. Moms dapat mempersiapkan anak dengan keterampilan dan kebiasaan-kebiasaan baik sedini mungkin sehingga anak telah siap untuk berangkat ke sekolah ketika usia mereka telah memungkinkan. Berikut ini beberapa kebiasaan baik dan keterampilan dasar yang sebaiknya dimiliki saat si kecil akan masuk sekolah.

1. Mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan sabun akan sangat berguna dari sisi kesehatan karena dapat menghindarkan anak dari berbagai masalah kesehatan. Sebaiknya hal ini sudah dibiasakan sejak dini, sehingga anak dengan sendirinya akan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dimanapun ia berada, tidak hanya di rumah.

2. Buang air kecil dan besar di kamar mandi

Mampu buang air kecil dan besar sendiri di kamar mandi dengan pengawasan orang dewasa juga sebaiknya diajarkan sedini mungkin.

3. Makan sendiri

Ini akan membuat anak memiliki kepercayaan diri lebih serta memberi mereka kebebasan saat makan.

4. Memiliki jadwal makan dan tidur siang teratur

Bagi anak usia dini, pola makan mereka harus dijaga dengan teratur. Anak juga masih membutuhkan waktu istirahat lebih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Moms membiasakan anak untuk tidur siang dan makan pada jam-jam tertentu.

5. Memegang alat tulis

Pada saat di sekolah, tentunya anak akan melakukan berbagai aktivitas yang menggunakan alat tulis. Alangkah baiknya jika sejak kecil anak sudah terbiasa. Ini bisa diajarkan melalui bermain sambil menggambar atau mewarnai.

Kemampuan dasar lainnya seperti memahami peraturan dan tata krama dasar akan sangat membantu anak bersosialisasi serta meringankan guru dalam mengajar anak di sekolah. Anak juga akan lebih cepat belajar hal baru. Bagi moms dengan anak yang belum mampu melakukan keterampilan-keterampilan dasar tersebut sebaiknya bersabar dan terus berusaha mengajarkan dan membiasakan anak dengan ketrampilan dan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut.