5 Ciri Anak Mengalami Stres

5 Ciri Anak Mengalami Stres

Belakangan ini topik pembahasan tentang stres terus meningkat, banyak Ibu yang mengeluh karena anaknya berperilaku aneh dan dokter mengatakan bahwa anak tersebut mengalami stres. Dengan adanya fakta ini, membuktikan stress ternyata bisa dialami oleh siapapun, termasuk oleh anak-anak.

Pada kebanyakan kasus, anak-anak bisa saja mengalami stres karena kurang merasakan cinta dan kasih sayang dari orang tuanya, selain itu mereka juga merasa kenyamanan mereka terusik karena sering merasa terpaksa untuk melakukan hal yang tidak dia sukai.

Untuk mengatasi stres pada anak ini biasanya jauh lebih susah ketimbang orang dewasa, karena memang anak-anak tidak dapat mengatakan bahwa mereka sedang stres atau merasa sedang banyak pikiran. Untuk itulah peran Moms sebagai orang tuanya sangat dibutuhkan.

Berikut ini merupakan ciri umum anak Moms sedang mengalami stres.

Susah Tidur

Stres pada anak-anak ataupun orang dewasa pada dasarnya memiliki ciri yang hampir sama, yakni mereka akan susah tidur. Kondisi ini umumnya terjadi karena stres ini akan menyebabkan keresahan dan mereka tidak dapat memejamkan mata karena pikirannya sedang terganggu dengan hal-hal yang tidak mereka mengerti. Tentu saja kondisi ini akan membuat jam tidur anak menjadi terganggu, padahal kita semua tahu bahwa tidur yang cukup merupakan langkah terbaik untuk perkembangan yang optimal.

Baca Juga

Ini Ciri-Ciri Ruam Popok Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

tau nggak moms, gimana ciri-ciri kalau kita hamil anak kembar?

Ciri-Ciri Kuku Sehat Si Kecil yang Masih Balita

Hiperaktif

Ketika anak Moms sudah mulai bertingkah dan cenderung tidak bisa diam, mungkin saja dia sedang mengalami stres. Moms bisa mengenali gejala ini dengan cara melihat tingkah lakunya yang selalu ingin melampiaskan perasaannya tersebut dengan melakukan hal-hal yang terkadang akan membuat Moms sangat marah, dan terkadang meluapkan emosi mereka dengan merusak barang yang ada di rumah.

Cengeng

Ketika anak Moms belakangan ini menjadi sangat cengeng atau sangat mudah ketakutan tanpa sebab, mungkin saja dia sedang mengalami stres. Hal tersebut karena memang kondisi stres ini akan membuat anak menjadi sering merasa terancam dan merasa tidak berharga. Moms bisa melihat dari tangisannya yang seolah-olah dikendalikan oleh perasaan takut dan pelampiasan semua kekesalan yang dia miliki.

Susah Makan

Baca Juga

Ini Ciri-Ciri Ruam Popok Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Ciri Ciri Kista Saat Hamil Ini Perlu Diwaspadai

Jangan Panik, Ini 6 Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi

Pada umumnya kondisi stres ini akan sama seperti kondisi stres yang dialami oleh orang dewasa, anak akan cenderung untuk kehilangan selera makannya dan mereka terkadang hanya akan memain-mainkan makanan yang sudah Moms sediakan. Sering kali kondisi ini sering membuat Moms marah dan dengan kemarahan Moms tersebut malah akan menyebabkan tingkat stres mereka bertambah tinggi.