5 Cara Tepat Merawat Bayi Kembar

Merries Insight
04 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
5 Cara Tepat Merawat Bayi Kembar

Memiliki bayi kembar berarti Moms harus adil dalam memperhatikan keduanya. Merawat bayi kembar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan satu bayi. Bedanya, Moms mencurahkannya untuk dua orang sekaligus dan ini kadang bukan hal yang mudah. Dalam merawat bayi kembar, Moms mungkin memerlukan bantuan baby sitter atau pihak ketiga. Walaupun memiliki baby sitter bukan berarti semua tugas dilakukan oleh baby sitter karena tetap saja Moms yang memegang peranan utama. Berikut ini adalah beberapa cara merawat bayi kembar.

  1. Memandikan

ini adalah aktivitas yang kadang membuat Moms kerepotan. Apalagi jika bayi harus dimandikan bersamaan. Bayi usia 0 – 6 bulan kondisi tubuhnya masih rentan sehingga Moms harus memandikannya secara bergantian. Mintalah pihak ketiga dengan memandikan bayi satu per satu sehingga pihak ketiga dapat membantu memegang bayi. Jika bayi Moms sudah dapat duduk dengan benar, Moms dapat memandikannya bersama – sama.

  1. Mengganti Baju

Pastikan sebelum Moms memandikannya sudah menyiapkan perlengkapan bayi yang dibutuhkan mulai dari pakaian hingga perlengkapan lainnya. Jangan lupa menyediakan handuk dan perlengkapan lain di dekat Anda sehingga memudahkan Anda menjangkaunya apalagi jika si kecil mudah rewel. Ingat, kembar tidak harus identik memakai pakaian yang sama.

  1. Menyusui

Pemberian ASI ekskusif sampai usia 6 bulan sangat dianjurkan. Moms harus menggunakan manajemen laktasi yang baik agar ASI tetap terjaga kualitasnya. Jika diperlukan, Moms dapat menyiapkan ASI perah yang dapat diberikan sewaktu – waktu. Jika memungkinkan, gunakan kursi goyang berlengan sehingga Moms merasa lebih nyaman saat menyusui. Moms dapat meletakkan dua bantal untuk menopang tubuh kedua bayi kemudian menyesuaikan posisi yang nyaman.

  1. Memberi MPASI

Setelah bayi berusia 6 bulan, Moms sudah dapat memberinya makanan pendamping ASI. Moms dapat menyiapkan di piring berbeda untuk mengetahui porsi makan bayi. Jika kerepotan, beri makanan secara bergantian atau meminta pihak ketiga untuk membantu menyuapi salah satu bayi Moms.

  1. Stroller

Pilihlah stroller yang dapat mengakomodasi dua bayi sekaligus. Stroller memudahkan Moms saat mengajak bayi bepergian sehingga tidak perlu menggendong. Moms dapat menggunakan tandem yakni jenis stroller yang mempunyai tempat duduk berdampingan atau tempat duduk depan belakang.

Baca Juga

tau nggak moms, gimana ciri-ciri kalau kita hamil anak kembar?

Ini Tanda-Tandanya Kalau Punya Bayi Kembar dalam Kandungan

Begini Pola Makan Tepat untuk Moms Yang Hamil Anak Kembar

Bagi Moms yang merawat bayi kembar, sebaiknya Moms dapat mengatur waktu sehingga Moms tidak akan kerepotan. Khususnya jika Moms juga memiliki kesibukan di luar rumah. Jika Moms sudah mampu menyesuaikan diri, maka Moms akan mulai terbiasa.