5 Cara Atasi Anak Balita Senang Memukul

Merries Insight
09 Januari 2015
Kesehatan
Share
5 Cara Atasi Anak Balita Senang Memukul

Banyak balita kadang memukul atau bahkan menggigit tangan orangtuanya padahal mereka tidak melakukan kesalahan apapun. Ini merupakan perilaku yang dapat dilakukan oleh anak pada usia ini. Bagi anak tangan merupakan alat komunikasi, khususnya pada batita yang belum lancar berbicara. Walaupun demikian, memukul dapat sangat menjengkelkan dan menyita banyak watu sia-sia antara Moms dan si kecil. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk mengatasi si kecil yag hobi memukul.

  1. Jangan Memukul Pantatnya

Hal ini sama sekali tak boleh Moms lakukan untuk mendisiplinkan si kecil yang senang memukul. Moms justru memberi kesan jika sah-sah saja mempergunakan tangan untuk mengatasi masalah yang ada. Memukul pantatnya justru akan membuat anak bingung. Bukankan Moms sedang mencoba mengajarinya bahwa ia tidak boleh memukul?

  1. Mencari Tahu Penyebabnya

Apakah anak sedang bosan, lelah, marah atau lapar? Selanjutnya lihat apakah ada pola tertentu. Setelah Moms mengetahui penyebabnya, carilah solusi yang paling baik. Jangan lupa untuk memperhatikan keadaan kelurga belakangan ini. Apa ada perubahan dinamika keluarga seperti masalah keluarga, pindah rumah, atau ia baru saja pindah daycare sehingga ia merasa kecewa. Atau apakah teman – teman sebaya si kecil juga senang memukul dan belajar bahwa memukul juga merupakan salah satu bentuk komunikasi?

  1. Memilih Cara Komunikasi Lain

Perlihatkan pada si kecil bagaimana cara berkomunikasi yang lebih halus melalui tangannya. Jika perlu, alihkan perhatian anak dan lakukan hal yang disukainya yaitu memberi mainan favorit atau bermain game. Jika cara ini masih gagal, “kita tidak memukul, tetapi kita saling memeluk.” Ambil tangannya kemudian perlihatkan bagaimana cara menepuk wajah atau tangan Moms.

  1. Berkomunikasi Dengan Seru

Lakukan komunikasi dengan cara yang menyenangkan. Ajari anak bagaimana menyenangkannya bermain dengan tangan. Begitu tangan si kecil mulai menuju ke wajah Moms, cepat alihkah perhatian si kecil dengan mengatakan frasa dan gerakan misalnya “Give Me Five!”

  1. Meluangkan Waktu Lebih Banyak

Luangkan waktu lebih banyak untuk bersama dan memeluk si kecil, selanjutnya pijatlah ia. Ini akan membantu si kecil untuk menggunakan tangannya lebih halus.

Baca Juga

Tips Mengatasi Anak yang Suka Memukul atau Bicara Kasar

Bayi Senang Mendengarkan Bayi Lain Berbicara. Kenapa Ya, Moms?

Anak Suka Memukul? Pahami Sebabnya!