4 Tips Menyiasati Bayi yang Tak Suka Dibedong

Merries Insight
27 November 2014
Tumbuh Kembang
Share
4 Tips Menyiasati Bayi yang Tak Suka Dibedong

Apakah saat Moms mencoba membedong si kecil tetapi ia terlihat tidak senang dan tidak nyaman? Moms mungkin bingung apakah tetap membedong si kecil atau melepas bedong tersebut. Bedong sendiri adalah cara tradisional untuk membuat bayi tenang. Mungkin hal ini akan mengingatkan si kecil saat berada dalam rahim Moms. Tetapi ada dua masalah yang berkaitan dengan metode bedong ini.

Masalah yang pertama, banyak bayi yang pada awalnya merasa nyaman dibungkus dengan bedong tetapi mereka akhirnya memilih lepas dari bedong dengan cara meregangkan kedua tangannya. Ternyata Moms, meregangkan kedua tangan akan memperkuat otot-otonya di usia tiga bulan. Masalah yang kedua, dibedong memang dapat menenangkan bayi, tetapi sebaiknya bayi tidak dibendong sepanjang malam. Terlalu lama atau terlalu sering membedong bayi juga dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan sendi pinggul. Jadi Moms, jika bayi tidak suka dibedong maka tidak perlu memaksanya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu bayi tidur tanpa dibedong:

  1. Kenali Keinginan Bayi

Posisikan diri Moms sebagai bayi. Bagaimana cara Moms ingin tidur apakah tidur sendiri, kamar yang tenang, atau ingin dipeluk. Jadi kenalilah keinginan si kecil lebih dulu.

  1. Menciptakan Ritual Tidur

Ritual tidur misalnya menimang – nimang bayi, menyanyikan lagu kesukaannya, atau memandikannya dengan air hangat sebelum tidur. Dari kebiasaan ini, anak akan belajar mengkaitkan berbagai hal tersebut dengan tidur. Ketika Moms memulai kebiasaan ini, anak akan tahu bahwa ini adalah saatnya untuk tidur.

  1. Membuat Bayi Lelah

Setelah makan dan anak siap tidur, letakkan si kecil dalam gendongan dan ajaklah ia berkeliling rumah. Ketika ia terlelap, bukalah gendongan dan letakkan si kecil di atas tempat tidur. Cara ini cukup efekfit untuk bayi yang tidak ingin cepat tidur.

  1. Mengayun-Ayun Sebelum Tidur

Bayi memang paling senang bila diayun – ayun, ditimang – timang atau berbaring di atas dada Moms saat Moms sedang duduk di kursi goyang. Jika cara ini gagal, letakkan carseat di mobil dan ajak si kecil berkeliling sampai dia tertidur. Selanjutnya taruhlah si kecil di tempat tidurnya.