4 Tips Aman Konsumsi Telur Saat Hamil

Merries Insight
13 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
4 Tips Aman Konsumsi Telur Saat Hamil

Telur termasuk salah satu jenis makanan yang diperlukan Moms saat hamil. Telur mengandung omega 3 dan sumber asam lemak yang diperlukan dari luar yaitu, asam lemak esensial. Telur memiliki bentuk bulat lonjong dan warna coklat muda. Rasa olahan telur yang gurih menjadikan telur dapat dikonsumsi tanpa campuran makanan lain. Bagi kesehatan Moms saat hamil, telur menunjang perkembangan janin. Telur memang memiliki kandungan gizi yang baik. Berbeda ketika Moms mengkonsumsi tidak tepat maka telur menjadi makanan yang tidak aman. Moms perlu mengkonsumsi telur saat hamil melalui cara yang aman. Perhatikan cara-cara berikut saat Moms hendak mengkonsumsi sebutir telur.

  1. Pilih telur dalam keadaan segar. Terlihat dari fisik telur yang tidak retak. Telur retak berarti telah terjadi benturan dan memungkinkan bakteri untuk mengkontaminasi.
  1. Pastikan keadaan penggorengan bersih dan Moms sudah cuci tangan. Bakteri Streptococcus thermophilus Sangat rentan mengontaminasi tangan yang menyentuh berbagai benda. Moms dapat meminimalisir mencuci tangan sebelum menggoreng telur.
  1. Baik telur dadar maupun telur mata sapi harus digoreng matang. Terutama telur mata sapi yang cenderung bagian kuning telur masih setengah matang. Saat hamil, Moms tidak boleh menggoreng seperti itu. Keberadaan bakteri patogen Salmonella sp. Rentan hidup di kuning telur.
  1. Moms harus mengkonsumsi telur dalam keadaan hangat.

Selain Moms memperhatikan cara konsumsi telur yang aman saat hamil, Moms perlu menyimpan telur yang masih utuh dengan aman. Moms perlu menyimpan telur utuh di dalam lemari pendingin. Telur memiliki kandungan protein yang berfungsi untuk sumber pembangun jaringan tubuh. Ketika Moms mengkonsumsi telur maka jaringan-jaringan tubuh janin akan terbentuk secara sehat. Asupan protein Moms lengkap maka pertumbuhan jaringan janin akan sempurna. Kandungan asam lemak esensial pada telur seperti DHA, omega 3, omega 6 sangat diperlukan Moms. Janin akan ikut menerima asupan gizi asam lemak esensial yang berguna bagi perkembangan otak selama di dalam kandungan. Moms perlu membiasakan konsumsi telur saat hamil.